Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Golkar Persilakan Kadernya Maju dari Partai Lain di Pilgub Jatim

Kompas.com - 05/04/2013, 20:35 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Partai Golkar resmi merekomendasi kader Partai Demokrat Soekarwo sebagai calon Gubernur Jawa Timur berpasangan dengan Saifullah Yusuf sebagai Wakil Gubernur di Pilgub Jatim, Agustus mendatang.

Sementara, Ridwan Hisjam, sebagai kader Golkar harus legawa karena tak direkomendasi partainya sendiri untuk maju di Pilgub Jatim. Namun, partai Golkar mempersilakan Ridwan Hisjam jika memaksa maju di pemilihan pemimpin Jawa Timur ini.

"Silakan jika ada kader Golkar yang ingin maju melalui partai lain," kata Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie kepada wartawan di Malang, Jumat (5/4/2013) malam.

Sementara itu, rekomendasi dari DPP Partai Golkar diberikan secara langsung oleh Aburizal Bakrie dalam acara rapat koordinasi Fraksi Partai Golkar se-Jawa Timur di Hotel Santika, Kota Malang, Jumat (05/04/2013) malam.

"Secara organisasi kita mendukung pasangan KarSa (Soekarwo- Saifullah Yusuf, red)," tegas pria yang akrab disapa Ical ini.

Ical menjelaskan Alasan mendukung pasangan "KarSa" katanya sudah ditetapkan melalui berbagai pertimbangan. "Dukungan pada pasangan 'KarSa' karena hasil survei. Hasil survei menunjukkan pasangan "KarSa" adalah calon gubernur dan wakil gubernur yang dipilih rakyat," akunya.

Menurut Ical, dalam pencalonan gubernur, hasil survei adalah pertimbangan yang paling utama. Jika hasil surveinya tinggi, maka hal itu menunjukkan bahwa rakyat memang menghendaki calon pemimpin yang bersangkutan.

"Calon yang kita dukung adalah calon yang dikehendaki rakyat, tidak hanya dikehendaki Partai Golkar saja. Tapi didukung oleh rakyat," katanya.

Dengan rekomendasi jatuh ke pasangan "KarSa", Ical optimistis bisa meraih kemenangan di Pilgub Jatim nantinya. "Karena dari 250 Pilkada, sebanyak 60 persen calon yang diusung Golkar meraih kemenangan. Berdasarkan pengalaman, 85 persen hasil survei benar," katanya.

Sementara itu, Ridwan Hisjam saat mendampingi Ical di Malang belum bisa dikonfirmasi. Sejak beberapa pekan ini, beredar kabar bahwa Ridwan Hisjam akan maju mendampingi Khofifah Indar Parawansa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com