Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komisi III DPR RI Gelar Rekonstruksi di Lapas Cebongan

Kompas.com - 04/04/2013, 16:43 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Komisi III DPR RI hari ini Kamis (4/4/2013) sekitar pukul 10.30 WIB mengunjungi Lapas Cebongan. Selain untuk meminta keterangan terkait penyerangan lapas, komisi III juga mengelar rekonstruksi peristiwa kejadian berdasarkan keterangan-keterangan dari para saksi.

"Tadi kita sudah ketemu dengan Kapolda DIY, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM dan Kepala Lapas Cebongan. Setelah itu kita gelar rekonstruksi kejadian dari lokasi depan gerbang lapas sampai dengan peristiwa penembakan 4 tahanan di Sel A5 blok Anggrek," terang Muzammil Yusuf, Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Kamis (4/4/2013).

Dalam rekonstruksi itu, Muzammil melihat banyak kelemahan yang harus didalami, misalnya kelemahan pihak Polda ketika penyerahan tahanan yang belum disertai dengan pengamanan yang memadai, sehingga kejadian penyerangan kemarin memang bukan kapasitas lapas untuk menghadapi gerombolan bersenjata.

"Termasuk juga sarana di lapas ini seperti CCTV di luar yang bisa merekam kejadian-kejadian di luar lapas. Ini terkait sarana dan prasarana, termasuk anggaran," tegasnya.

Muzammil melihat perlu adanya tim bersama antara TNI dan Polri serta pihak-pihak yang independen untuk menyelidiki dan mendalami kasus penyerangan Lapas Cebongan ini. Jika perlu, libatkan juga pakar-pakar yang berpengalaman dan netral.

"Sementara jangan punya kesimpulan kelompok mana yang melakukan ini, masih terlalu dini. Kasus ini harus diungkap secara transparan karena bukan hanya menjadi sorotan nasional, tapi juga internasional," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com