Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisman Tetap Tertarik Kunjungi Dieng

Kompas.com - 04/04/2013, 14:50 WIB

BANJARNEGARA, KOMPAS.com - Wisatawan mancanegara (wisman) tetap tertarik mengunjungi Kawasan Wisata Dataran Tinggi (KWDT) Dieng, Kabupaten Banjarnegara, meskipun terjadi peningkatan aktivitas di Kawah Timbang.

"Wisatawan mancanegara tidak terpengaruh oleh pemberitaan tentang Kawah Timbang meskipun aktivitas Kawah Timbang meningkat dari status waspada menjadi siaga," kata Ketua Kelompok Sadar Wisata Dieng Pandawa, Alif Faozi, di Desa Dieng Kulon, Banjarnegara, Kamis (4/4/2013).

Kendati demikian, dia mengakui, wisman yang mengunjungi Dieng mengalami penurunan sekitar 5 persen terutama dari Malaysia. Sementara wisatawan dari Eropa dan Amerika tetap datang karena mereka sudah terikat kontrak dengan sejumlah biro perjalanan yang selalu menginformasikan bahwa Dieng aman dikunjungi.

"Namun kalau wisatawan domestik terus mengalami penurunan, apalagi sejak ada peningkatan status Kawah Timbang dari waspada menjadi siaga. Hingga sekarang, kunjungan wisatawan domestik turun sekitar 30 persen," katanya.

Menurut Alif, beberapa biro perjalanan wisata menunda rencana membawa rombongan wisatawan ke Dieng hingga kondisi benar-benar kondusif.

"Mereka mengaku bingung oleh pemberitaan karena ada media yang memberikan bahwa Dieng persiapan erupsi. Padahal, bukan Dieng yang sedang aktif, tetapi Kawah Timbang," katanya.

Lebih lanjut, Alif mengatakan, Dataran Tinggi Dieng sangat luas karena dimiliki Kabupaten Banjarnegara, Wonosobo, Batang, dan Pekalongan. Meskipun wilayah Dieng yang paling luas berada di Kabupaten Banjarnegara, Kawah Timbang bukan daerah tujuan wisata dan lokasinya jauh dari KWDT Dieng.

"Rencananya, tanggal 6-7 April ada sekitar 50-60 wisatawan dari Jakarta yang akan datang. Namun saat ini, ada keraguan dari mereka, sehingga kalau kami tidak bisa meyakinkan bahwa Dieng aman untuk dikunjungi, kemungkinan mereka akan menunda rencana kunjungannya," ungkapnya.

Erica, wisatawan asal Jerman mengaku tetap datang ke Dieng karena sudah lama memesan tiket perjalanan wisata.

Selain banyak terdapat candi, kata dia, Dieng memiliki panorama alam yang sangat indah. "Apalagi Kawah Sikidang ini, sangat indah. Saya tidak takut untuk datang ke sini," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com