Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sisi Positif dan Negatif Penyebaran Sketsa Wajah Pelaku

Kompas.com - 01/04/2013, 20:41 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menilai ada sisi positif dan negatif ketika sketsa pelaku penyerangan Lapas Cebongan yang kini dalam proses pengerjaan Polda DIY disebarkan ke masyarakat.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Polda DIY saat ini sedang membuat dua sketsa wajah pelaku penyerangan Lapas Cebongan guna melengkapi data Laboratorium Forensik (Labfor) dan visum. Rencananya, seminggu ini, sketsa tersebut rampung dan akan segera disebarkan ke publik.

Ketua Komnas HAM Siti Noorlaila saat dihubungi mengatakan, akan ada dua kemungkinan jika sketsa wajah pelaku penyerangan disebarkan ke publik. Pertama, publik dapat membantu pencarian ataupun memberikan informasi keberadaan orang tersebut. Kedua, ketika mengetahui sketsa wajahnya tersebar, pelaku akan segera melarikan diri dan bersembunyi.

"Ada dua kemungkinan itu yang akan terjadi. Namun demikian, kami percaya Polda DIY memiliki teknik tersendiri untuk menangkap pelaku penyerangan," terangnya, Senin (1/4/2013).

Siti menegaskan, apa pun yang dilakukan kepolisian dalam mengungkap kasus tersebut, pada dasarnya, Komnas HAM selalu mendukung. Meski demikian, soal penyebaran sketsa wajah pelaku, kepolisian harus menyiapkan langkah antisipasi.

Kepala Bidang Humas Polda DIY AKBP Anni Pudjiastuti mengatakan, penyelidikan dan penyidikan masih terus dilakukan oleh Polda DIY beserta tim asistensi dari Bareskrim Polri.

"Sketsa secepatnya akan diselesaikan dan kalau sudah siap akan langsung disebarkan. Mengenai mengarah ke siapa, kita belum bisa menyimpulkan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com