Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SUTET Rusak, PLN Lakukan Pemadaman Bergilir

Kompas.com - 30/03/2013, 20:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Perusahaan Listrik Negara (persero) akan melakukan pemadaman bergilir di daerah Jakarta dan sekitarnya, dari 1 April hingga 5 April 2013. Pemadaman ini dampak dari rusaknya menara (tower) SUTET di Sumedang.

Berdasarkan informasi dari situs PLN, SUTET tersebut menyalurkan listrik dari Mandirancan (Cirebon) – Bandung Selatan. Akibatnya transfer daya dari pembangkit yang ada di wilayah timur Jawa ke wilayah barat (Jakarta dan Jawa Barat)  berkurang sekitar 750 megawatt (Mw).

"Kekurangan pasokan listrik ke Jakarta dan Jawa Barat ini diupayakan semaksimal mungkin untuk dipenuhi dengan mengoptimalkan pembangkit yang ada di wilayah barat seperti PLTU Indramayu, PLTU Lontar Tangerang, dan PLTU Priok," sebut PLN.

PLN menyebutkan, pada tanggal 29-31 Maret 2013 tidak ada pemadaman karena beban rendah. Namun pada hari kerja, 1-5 April 2013 terpaksa dilakukan pemadaman secara bergilir.

"Setiap pelanggan ada potensi pemadaman sekali saja selama 3 jam dalam periode 1 – 5 April 2013. Hal ini dilakukan karena setelah optimalisasi pembangkit-pembangkit tersebut masih terjadi kekurangan daya sekitar 400 mw di Jakarta dan Jawa Barat,", tambah PLN.

PLN sendiri sejak Kamis (28/3/2013), melakukan perbaikan menara SUTET yang rusak. Perbaikan direncanakan berlangsung hingga tanggal 5 April 2013.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com