Sabtu, 19 April 2014

News / Nasional

Wiranto: Tak Sulit Selesaikan Kasus LP Sleman

Rabu, 27 Maret 2013 | 13:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat Wiranto mengatakan, tak sulit untuk menyelesaikan kasus penyerangan terhadap Lembaga Pemasyarakatan Cebongan, Sleman, oleh sekelompok bersenjata.

"Ini bukan persoalan bisa atau tidak, tetapi mau atau tidak. Ini sebenarnya merupakan persoalan yang mudah, tetapi dipersulit," kata Wiranto saat dijumpai seusai menggelar kuliah umum di Hotel Four Season, Jakarta, Rabu (27/3/2013).

Persoalan penyelesaian kasus penyerangan terhadap Lapas Cebongan ini, menurut Wiranto, terletak pada kejujuran dari seorang pimpinan dan juga keberanian dari aparat berwenang untuk mengungkapnya.

"Seharusnya pemimpin itu jujur. Yang salah, ya dihukum, jangan malah dilindungi," ujarnya seraya berjanji. Wiranto mengatakan, ia mampu mengusut kasus ini hanya dalam kurun waktu satu hari saja.

Seperti diberitakan, kelompok bersenjata api laras panjang, pistol, dan granat datang menyerang lapas, Sabtu (23/3/2013) dini hari. Dalam peristiwa itu, empat tersangka kasus pembunuhan anggota Kopassus, Sersan Satu Santosa, ditembak mati.

Keempat tahanan itu adalah Gameliel Yermiyanto Rohi Riwu, Adrianus Candra Galaja, Hendrik Angel Sahetapi alias Deki, dan Yohanes Juan Manbait. Serangan pelaku dinilai sangat terencana. Mereka melakukan aksinya dalam waktu 15 menit dan membawa CCTV lapas. Pelaku diduga berasal dari kelompok bersenjata yang terlatih.

Baca juga:
Indonesia dalam Keadaan Bahaya
Kata Presiden, Negara Tidak Boleh Kalah

Rumah Pertobatan Dinodai Lumuran Darah ...

Sultan: Jangan Lagi Ada Kekerasan di Yogyakarta
Presiden: Penembakan di Sleman, Serangan Wibawa Negara

 


Penulis: Dani Prabowo
Editor : Hindra