Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Babel Mendaftarkan 16.565 Siswa SMP Ikuti UN

Kompas.com - 19/03/2013, 01:27 WIB

PANGKALPINANG, KOMPAS.com — Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) siap mendaftarkan sebanyak 16.565 pelajar setingkat sekolah menengah pertama (SMP) mengikuti Ujian Nasional 2013, pada 22 - 25 April.

"Kami sudah memperoleh hasil pendataan pelajar tingkat SMP yang akan mengikuti UN tahun ini dari laporan dinas kabupaten/kota di Babel agar tidak terjadi kesalahan dan kekeliruan dalam mempersiapkan penyelenggaraan UN di daerah ini," ujar Kabid Pendidikan Menengah dan Tinggi (Dikmenti) Disdik Babel Wahyudin di Pangkalpinang, Senin (18/3/2013).

Ia menyatakan, total pelajar 16.565 yang akan mengikuti UN tingkat SMP di Babel itu terdiri dari 16.539 pelajar SMP/MTs dan 26 pelajar dari SMP Luar Biasa (SMPLB).

"Mereka tersebar di satu kota dan enam kabupaten di Provinsi Babel, yaitu 26 sekolah di Kota Pangkalpinang, 51 sekolah di Kabupaten Bangka, 39 sekolah di Kabupaten Bangka Barat, 24 sekolah di Kabupaten Bangka Tengah, 32 sekolah di Bangka Selatan, 30 sekolah di Kabupaten Belitung, dan 20 sekolah di Kabupaten Belitung Timur," ujarnya.

Ia menambahkan, dari jumlah sekolah tersebut terdapat lima sekolah SMPLB, antara lain dua sekolah di Kota Pangkalpinang, satu sekolah di Kabupaten Bangka, satu sekolah di Kabupaten Bangka Selatan, dan satu sekolah di Kabupaten Belitung.

"Pelaksanaan ujian nasional bagi siswa SMP/MTs dan SMPLB diselenggarakan dalam waktu yang bersamaan sehingga kemungkinan terjadinya kecurangan dapat kami tekan untuk memperoleh hasil maksimal dari peserta," ujarnya.

Ia mengatakan, ada empat mata pelajaran yang akan diujikan atau satu mata pelajaran setiap harinya, yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam.

"Kami sudah sosialisasaikan kepada sekolah agar mempersiapkan siswanya dengan baik untuk menghadapi ujian nasional tahun ini sehingga dapat memperoleh nilai yang memuaskan dan juga dapat memenuhi standar nilai masuk sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA) yang mereka cita-citakan," katanya.

Menurut dia, sekolah memiliki peranan penting dalam mempersiapkan siswa kelas tiga untuk menghadapi ujian nasional tahun ini baik secara mental, fisik, dan juga materi karena dengan persiapan yang matang kemungkinan untuk memperoleh nilai yang diinginkan lebih besar.

"Persiapan itu telah dilakukan oleh sekolah dengan menambah jam belajar siswa kelas tiga untuk belajar materi yang diujikan dan juga dengan menyelenggarakan beberapa try out ujian nasional," ujarnya.

Sementara itu, kata dia, untuk tingkat SD/ MI yang mengikuti ujian nasional tahun ini ada sebanyak 22.928 peserta dari seluruh daerah di Provinsi Babel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com