Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rilis Daftar Standar Biaya Kuliah PTN Molor

Kompas.com - 13/03/2013, 15:18 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk merilis daftar standar biaya kuliah di setiap Perguruan Tinggi Negeri (PTN) molor. Sebelumnya, Kementerian berjanji untuk merilis daftar serupa Harga Eceran Tertinggi (HET) itu pada bulan Februari lalu.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan bahwa daftar tersebut sampai saat ini belum ditetapkan karena masih terus dimatangkan. Ia juga meminta maaf akan keterlambatan ini mengingat rencananya daftar ini akan dirilis pada akhir Februari lalu sehingga dapat menjadi acuan para siswa yang akan mendaftar PTN.

"Mohon maaf agak mundur. Target bulan ini (Maret) selesai. Kami akan kumpulkan data dari PTN," kata Nuh di Jakarta, Rabu (13/3/2013).

Ia juga mengungkapkan bahwa penyusunan daftar standar biaya kuliah ini tidak mudah. Pasalnya, hitungan yang dilakukan tidak hanya terbatas pada biaya kuliah saja, melainkan berbagai biaya lain yang juga dibebankan pada mahasiswa di luar perkuliahan. Rencana rilis daftar ini sejalan dengan rencana kebijakan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang akan diterapkan pada tahun akademik 2013/2014.

"Kalau cuma SPP ya gampang. Tapi kan mahasiswa ini enggak hanya bayar uang kuliah saja. Ada uang gedung dan lain-lain," jelas Nuh.

"Yang pasti itu dikumpulkan dulu datanya, dan kami harap universitas mau bekerja sama agar ini cepat selesai," tandasnya.

Seperti diketahui, rencana rilis daftar standar biaya kuliah tiap program studi yang ada di semua PTN ini sebenarnya ditujukan untuk memudahkan calon mahasiswa menentukan pilihannya. Dengan demikian, calon mahasiswa dapat memilih program studi yang sesuai minat dan sesuai kemampuan ekonominya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com