Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Surya Paloh Janji Bangun Riau

Kompas.com - 10/03/2013, 18:03 WIB

PEKANBARU, KOMPAS.com - Ketua Umum DPP Partai Nasdem Surya Paloh berjanji membangun Provinsi Riau dengan menjadikannya sebagai daerah potensial bisnis dan industri yang disebutnya mampu memapankan negeri.

"Hal itu karena Riau merupakan provinsi yang kaya raya akan hasil bumi, baik minyak dan gas," kata Surya Paloh dalam pidatonya pada Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Tahun 2013 di Pekanbaru, Minggu.

Rakorwil itu di ikuti seluruh pengurus DPW Nasdem Provinsi Riau, DPD Partai Nasdem kabupaten dan kota di Riau, ratusan kader serta simpatisan.

Surya Paloh membuka langsung acara itu dengan mendapat sambutan hangat dari para kader yang hadir dan perwakilan pemerintah setempat. Tampak juga hadir pada acara pembukaan Rakorwil Partai Nasdem Provinsi Riau itu, Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Riau yang juga Wakil Gubernur Riau H.R. Mambang Mit.

Ia mengatakan sebagai partai yang mengusung perubahan, Nasdem akan berupaya mencarikan solusi terbaik agar Riau menjadi daerah yang mandiri.

"Mandiri dalam perekonomian, mandiri dalam mengelola sumber daya alam, dan mandiri dalam membawa perubahan untuk kemajuan bangsa," katanya.

Surya Paloh menilai masyarakat saat ini tidak memiliki harapan terhadap partai politik karena parpol tidak menjalankan hak dan kewajibannya dengan sebaik-baiknya.

"Katakanlah upaya terus menerus membangun kepentingan rakyat, ikut serta bertanggungjawab dalam peningkatan harkat martabat bangsa, itu tidak bisa dielakan oleh parpol di negeri ini. Maka izinkan Nasdem sebagai partai baru untuk berjanji dan bersumpah untuk Tanah Air," katanya.

Ia menjelaskan janji itu sungguh-sungguh karena konstitusi telah memberikan "previllage" untuk partai politik untuk memilih presiden, wakil presiden, gubernur, bupati, wali kota, hingga membuat undang-undang.

"Partai politik mampu menjadikan kucing putih bisa dibilang setengah putih atau setengah hitam. Luar biasa hak parpol, itu hak yang dijamin konstitusi, tetapi kalau lihat fakta kehidupan kita. Ketika melihat kenapa antara rakyat, petani, buruh, masyarakat berkeluh kesah, mereka (partai politik) tidak memberikan optimisme kehidupan bangsanya," demikian Surya Paloh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com