Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Golput Menurun

Kompas.com - 03/03/2013, 19:22 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Pengamat politik dari PolMark Indonesia, Eep Saefulloh Fatah, menyebut bahwa angka partisipasi masyarakat dalam pilkada Jabar tahun 2013 ini meningkat bila dibandingkan lima tahun sebelumnya. Kenaikan tersebut mencapai 3,5 persen.

"Tahun 2008 angka golputnya mencapai 40 persen, sekarang turun 3,5 persen," ujar Eep, yang ditemui dalam jumpa pers Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar di Wisma Selaras di daerah Cibeunying, Kota Bandung, Minggu (3/3/2013).

Dalam waktu hampir bersamaan, Komisi Pemilihan Provinsi Jabar merampungkan rekapitulasi suara final Pilkada Jabar dengan menempatkan pasangan Heryawan-Deddy Mizwar sebagai pemenang berkat dukungan sebanyak 6,5 juta orang, diikuti Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki dengan dukungan 5,7 juta suara, lalu Dede Yusuf Macan Effendi-Lex Laksamana Zainal Lan dengan 5 juta suara dukungan. Pemilih dalam Pilkada Jabar tercatat sebanyak 32,5 juta orang.

Eep menyatakan bahwa jumlah partisipasi masyarakat Jabar ini sebagai indikasi yang positif.

Sementara itu Heryawan mengatakan bahwa dalam tahun 2013 terdapat pemilihan kepala daerah di 16 kabupaten/kota di Jabar. Dia sebelumnya berterima kasih kepada masyarakat maupun kandidat lainnya yang sudah menggelar hajatan demokrasi yang aman, tertib, dan lancar.

Heryawan dan Deddy akan dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat periode 2013-2018 pada tanggal 13 Juni mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com