Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Nama Ganda dalam Daftar Pemilih

Kompas.com - 20/02/2013, 17:15 WIB
Antonius Ponco A.

Penulis

AMBON, KOMPAS.com -- Ribuan nama ganda ditemukan dalam daftar penduduk potensial pemilih (DP4) yang diserahkan oleh Pemerintah Provinsi Maluku ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku. Ini menjadi perhatian utama KPU saat proses pemutakhiran data sebelum daftar pemilih untuk pilkada Maluku ditetapkan.

DP4 diserahkan ke KPU Maluku, 11 Januari lalu. Dalam DP4 itu, terdapat 1.344.265 orang dari 1.866.248 orang jumlah total penduduk di Maluku yang berhak memilih pada hari pemungutan suara Pilkada Maluku, 11 Juni 2013.

Ketua KPU Maluku Jusuf Idrus Tatuhey mengatakan, dari pengecekan awal oleh KPU Maluku terhadap DP4 ditemukan ribuan nama ganda di sebelas kabupaten/kota di Maluku. Di Ambon sebagai contoh, ditemukan lebih dari 6.000 nama ganda. Kemudian di Kabupaten Kepulauan Aru ditemukan sedikitnya 300 nama ganda.

KPU sudah menandai nama-nama ganda itu untuk kemudian dicek oleh para petugas yang ada di setiap desa. "Kami sudah ingatkan mereka untuk mencegah nama-nama ganda tetap ada saat daftar pemilih ditetapkan nantinya," kata Jusuf, Rabu (20/2/2013) di Maluku.

Pengesahan dan pengumuman daftar pemilih tetap rencananya akan dilakukan tanggal 15 April 2013. Mulai tanggal 6 sampai 25 Maret, daftar pemilih sementara akan ditempel di kantor kelurahan/desa. Masyarakat beserta peserta Pilkada Maluku diharapkan ikut mencek nama-nama di dalam daftar pemilih sementara, sehingga daftar pemilih tetap nantinya tidak memicu persoalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com