Anas Janji Akan Bongkar Sosok Sengkuni - Kompas.com

Anas Janji Akan Bongkar Sosok Sengkuni

Aditya Revianur
Kompas.com - 05/02/2013, 19:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum sempat menulis di status atau personal message BlackBerry Messenger-nya "Politik Para Sengkuni" pasca-elektabilitas Demokrat yang anjlok dalam survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC). Survei SMRC menempatkan Demokrat di posisi ketiga parpol yang dipilih responden jika pemilu diadakan saat ini, dengan perolehan 8,3 persen.

Menurut Anas, politik Sengkuni tidak ada kaitannya dengan survei tersebut. Meskipun Anas menilai survei SMRC aneh dan banyak keganjilan.

"Apa kaitannya, tidak ada. Jangan dihubungkan, meskipun Anda bebas hubungkan itu," kata Anas kepada wartawan di Jakarta Convention Center, Jakarta, Selasa (5/2/2013).

Anas menjelaskan, dirinya sebenarnya baru belajar cerita Mahabarata. Cerita legendaris dari India itu memuat perang saudara antara Kurawa dan Pandawa yang penuh intrik politik, salah satunya keterlibatan Sengkuni. Anas sendiri mengakui baru mengetahui sedikit cerita soal Sengkuni.

"Kalau saya sudah selesai baca, nanti Anda saya kasih tahu tentang Sengkuni itu siapa," pungkasnya.

Sekadar informasi, dalam cerita Mahabarata yang dikarang Vyasa, Sengkuni adalah patih di Astina, sebuah kerajaan yang diperintah oleh pimpinan Kurawa, Prabu Duryudana. Karakter fisik Sengkuni digambarkan berbadan kurus dengan muka tirus dan cara bicara yang lemah tapi menjengkelkan.

Dalam lakon Mahabarata, Sengkuni digambarkan memiliki watak yang licik, senang menipu, menghasut, memfitnah, dan munafik. Gambaran tentang Sengkuni adalah refleksi orang yang ingin orang lain celaka. Sengkuni dalam perang Baratayuda tewas di tangan Bima.

Sementara lawan Sengkuni dalam lakon Mahabarata versi Jawa adalah Semar. Semar adalah seorang pembantu atau punakawan para Pandawa. Semar adalah simbol dari seseorang yang melayani Pandawa dengan tulus dan tanpa pamrih. Berbeda dengan Sengkuni yang kurus, Semar bertubuh gempal.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
    PenulisAditya Revianur
    EditorAna Shofiana Syatiri
    Komentar

    Terkini Lainnya


    Close Ads X
    Close [X]
    Radio Live Streaming
    Sonora FM • Motion FM • Smart FM