Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/02/2013, 00:55 WIB

TEHERAN, KOMPAS.com — Pemerintah Iran, Sabtu (2/2/2013), mengungkap pesawat terbang siluman buatan militer negeri itu yang diklaim bisa "menghilang" dari layar radar.

Pesawat terbang satu awak itu dinamai Qaher F313. Pesawat ini adalah rancangan terbaru militer Iran sejak meluncurkan pesawat Azarakh atau Kilat pada 2007.

Presiden Mahmoud Ahmadinejad menyebut Qaher F313 memiliki semua fitur positif untuk menjadi pesawat jet tempur paling canggih di dunia.

"Pengembangan militer Iran adalah untuk keperluan menangkis serangan musuh dan untuk membela diri," kata Ahmadinejad.

Saat menghadiri upacara peresmian di sebuah hangar di Teheran, Ahmadinejad menilai pesawat ini adalah salah satu pesawat jet paling mutakhir di dunia.

Sejumlah foto Qaher F313 dirilis stasiun televisi pemerintah menampilkan sebuah pesawat berwarna abu-abu yang disebut Menteri Pertahanan Iran Ahmad Vahidi dibangun dengan "bahan-bahan tercanggih" dan sangat sulit dideteksi radar.

Peluncuran pesawat tempur baru ini bertepatan dengan peringatan ke-34 Revolusi Islam Iran 1979 yang menggulingkan Shah Iran yang didukung Amerika Serikat.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com