Senin, 21 April 2014

News / Nasional

Pengacara Luthfi: Fathanah Pengusaha Impor Daging

Kamis, 31 Januari 2013 | 17:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengacara Luthfi Hasan Ishaaq mengatakan bahwa Ahmad Fathanah, pria yang diringkus dalam operasi tangkap tangan Komisi Pemberantasan Korupsi, bukanlah orang dekat Luthfi. Salah satu pengacara Luthfi, Zainuddin Paru, mengungkapkan, Fathanah adalah seorang pengusaha impor daging.

"AF (Ahmad Fathanah) adalah salah satu pengusaha impor daging, bukan teman Luthfi," kata Zainuddin, di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta, Rabu (30/1/2013).

KPK menetapkan Luthfi bersama-sama Fathanah sebagai tersangka yang diduga menerima pemberian uang terkait kebijakan impor daging sapi. Luthfi diduga "menjual" pengaruhnya untuk mengatur kebijakan impor sapi. Selain keduanya, KPK menetapkan dua pengurus PT Indoguna Utama, yakni Juard Effendi dan Arya Abdi Effendi sebagai tersangka pemberi uang. Menurut KPK, Fathanah yang tertangkap saat tengah bersama seorang wanita di suatu hotel tersebut merupakan orang dekat Luthfi.

"Tapi berdasarkan keterangan, beliau (Luthfi) mengatakan AF (Ahmad Fathanah) adalah orang bagian dari perusahaan impor daging," ujar Zainuddin lagi.

Kini, Fathanah dan dua petinggi PT Indoguna itu ditahan di tiga rutan secara terpisah. Sementara Luthfi, masih berada di Gedung KPK. Zainuddin mengatakan, kondisi Luthfi saat ini sedang tidak sehat. Pihak pengacara pun meminta KPK tidak mengajukan pertanyaan terkait pokok perkara kepada Luthfi. Menurut Zainuddin, sejauh ini kliennya baru diperisa terkait identitas dan latar belakang hidup. Secara terpisah, anggota Komisi VI DPR asal fraksi PKS Refrizal mengungkapkan hal senada. Menurutnya, Fathanah bukan orang dekat Luthfi, ataupun kader PKS.

"Saya dan Ustadz Luthfi itu berteman sudah lama sejak tahun 1980-an. Selama itu, saya tidak pernah kenal dengan orang itu. Orang itu, apalagi memesan perempuan, saya yakin sekali dia bukan orang dekatnya. Tidak mungkin Ustadz Luthfi itu mau dekat orang-orang seperti itu," kata Refrizal.

Memang, menurut Refrizal, ada beberapa politikus PKS yang mengetahui sosok Fathanah ini. Berdasarkan cerita para politikus itu, katanya, Fathanah dikenal sebagai orang yang suka mengenalkan proyek atau semacam makelar.

"Tapi bisa saya tegaskan tidak ada yang kenal dekat dengan orang itu. Nama Pak Ustadz saya pikir hanya dicatut," tambahnya.

Berita terkait dapat diikuti dalam topik:
Skandal Suap Impor Daging Sapi


Penulis: Icha Rastika
Editor : Inggried Dwi Wedhaswary