Senin, 28 Juli 2014

News / Nasional

Polri Luncurkan Layanan Call Center 110

Rabu, 30 Januari 2013 | 13:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Kepala Kepolisian Negara RI Komisaris Jenderal Nanan Sukarna secara resmi meluncurkan layanan call center 110 pada Rapat Pimpinan Polri di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian, Jakarta Selatan, Rabu (30/1/2013).

Call center tersebut akan melayani laporan masyarakat selama 24 jam.

"Kami mencoba memaksimalkan dengan yang ada ini. Ditampung ke call center kemudian disampaikan ke polres-polres. Masyarakat gratis jika telepon ke 110," ujar Nanan.

Sebelumnya Polri memiliki layanan serupa bernomor 110 dan 112. Namun, layanan tersebut tidak aktif. Menurut Nanan, pengaktifan kembali layanan ini salah satu cara mempercepat tindakan polisi atas laporan masyarakat.

Masyarakat bisa melaporkan kecelakaan hingga tindakan kriminal. Layanan ini berlaku untuk seluruh wilayah Indonesia dan telah disediakan 100 operator.

Pusat pelayanan Polri 110 langsung dihubungkan dengan semua polres, polresta, polda, Puskodalops Polri, serta piket polisi perairan dan udara (khusus untuk antisipasi perompakan di laut) di seluruh Indonesia.

Semua aduan masyarakat, kata Nanan, akan terekam pada sistem komputer agar lebih optimal. Aduan yang tidak ditindaklanjuti akan diketahui melalui sistem tersebut.

Kepala Badan Pemeliharaan Kemananan Polri Komisaris Jenderal Oegroseno menambahkan, target petugas adalah 5-10 menit sampai di lokasi setelah ada laporan.

"Targetnya 5-10 menit sudah di TKP," katanya.


Penulis: Dian Maharani
Editor : Tri Wahono