Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ide Korupsi sejak Awal

Kompas.com - 28/01/2013, 02:29 WIB

Jakarta, Kompas - Praktik penyelewengan anggaran atau korupsi politik sudah dirancang sejak tahap penyusunan ide sebuah program pembangun- an. Korupsi sengaja dirancang untuk memenuhi kebutuhan keuangan partai politik karena partai tidak memiliki sumber keuangan sendiri.

Hal itu mengemuka dalam diskusi bertema ”Mengulas Dugaan Mengakarnya Budaya Kolusi di Lembaga Tinggi Negara” yang digelar Perhimpunan Profesional Indonesia di Jakarta, Minggu (27/1).

”Kalau dulu korupsi sederhana, misal dengan me-mark up harga barang dari Rp 100 menjadi Rp 110. Sekarang mark up lebih mahal dari nilai proyek, bahkan korupsi sudah dirancang sejak dalam tataran ide. Jauh sebelum anggaran direncanakan,” kata Wakil Ketua Badan Kehormatan DPR Siswono Yudo Husodo, salah satu narasumber diskusi.

Koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW) Danang Widoyoko, narasumber lainnya, juga berpendapat bahwa korupsi sudah dirancang sejak awal. Sering kali sebuah proyek sengaja didesain untuk dikorupsi bersama-sama.

”Jadi sudah dirancang proyeknya apa, siapa yang memperjuangkan perencanaan anggaran, di daerah mana proyek akan dilaksanakan, sampai pada siapa yang melaksanakan proyek,” ujarnya.

Menurut Danang, korupsi sengaja dirancang untuk membiayai kelangsungan hidup partai politik (parpol). Parpol terpaksa melakukan korupsi karena tidak memiliki sumber keuangan.

Berdasarkan catatan ICW, tidak ada satu parpol pun yang membiayai diri dari iuran anggota. Selain itu, parpol juga tidak memiliki sumber pendapatan lain yang legal. Karena itu, parpol membebankan biaya operasional kepada para anggota fraksi mereka di parlemen.

Siswono membenarkan bahwa sumbangan dari anggota fraksi di parlemen menjadi tulang punggung keuangan parpol. ”Dari sembilan parpol di parlemen, tidak ada yang hidup dari iuran anggota. Backbone-nya adalah anggota fraksi,” katanya.

Narasumber lain, J Kristiadi dari Centre for Strategic and International Studies (CSIS) berpendapat, akar korupsi adalah ada kesesatan dalam berpolitik. Para politikus serta parpol lebih mengedepankan politik uang untuk mendapatkan kekuasaan sehingga setelah memperoleh kekuasaan, mereka cenderung memanfaatkan kewenangan untuk menyelewengkan anggaran.

Perbaiki perekrutan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com