Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilkada Jabar : Pengamanan Surat Suara Lima Lapis

Kompas.com - 26/01/2013, 12:47 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Surat suara yang dipakai dalam Pilkada Jawa Barat tahun 2013 bakal menggunakan lima jenis pengamanan untuk mencegah pemalsuan. Hal ini merupakan kemajuan bila dibandingkan Pilkada Jabar tahun 2008 dengan memakai empat jenis pengaman.

Diutarakan Sekretaris Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Barat, Heri Suherman, lima jenis pengamanan itu mulai dari penggunaan kertas pengamanan UV DAL, penggunaan teks berukuran mikro, tinta tidak kasat mata, warna rossete maupun gambar aura.  "Dalam pilkada sebelumnya, teknologi warna rossete belum digunakan," tutur Heri, Sabtu (26/1/2013).

Teks mikro adalah teks berukuran sangat kecil yang ditempatkan secara rahasia oleh KPU bertuliskan Pilkada Jabar. Tinta tidak kasat mata hanya akan terlihat menggunakan sinar ultraviolet.

Warna rossete bila dikenai sinar ultraviolet juga akan berpendar bak pelangi di kertas. Begitu pula Aura LWM adalah gambar di bagian belakang yang terdiri dari berbagai kode bila diamati dari jarak sangat dekat.

Spesimen yang ditunjukkan KPU pada hari Sabtu ini bakal digandakan oleh tiga perusahaan yakni PT Balai Pustaka, Induk Koperasi Kepolisian Negara RI, dan PT Pura Barutama. Heri menjelaskan, ketiganya sepakat mampu mendistribusikan seluruh kertas suara pada tanggal 10 Februari 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com