Rabu, 30 Juli 2014

News / Megapolitan

Banjir Ibu Kota

BNPB Antisipasi Pengungsi Banjir Melonjak pada Akhir Januari

Selasa, 22 Januari 2013 | 20:34 WIB

Berita terkait

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah mengantisipasi adanya prediksi banjir besar yang akan kembali terjadi pada akhir bulan Januari 2013. BNPB telah menyiapkan logistik hingga peralatan operasional untuk lebih dari 40.000 pengungsi.

"Untuk kondisi sekarang kita identifikasi. Logistik berapa kekuatan personil berapa. Sekian perahu, yang siap berapa," ujar Sekertaris Utama BNPB Facthul Hadi di Kementrian Pekerjaan Umum, Selasa (22/1/2013).

Untuk diketahui, BMKG meramalkan pada sekitar tanggal 23 Januari hingga 27 Januari terjadi intensitas hujan yang tinggi. Curah hujan Jakarta diperkirakan akan terus meningkat. Pada 27 Januari, bulan akan berada di puncak purnama. Pada saat itu, air pasang di laut akan lebih tinggi sehingga tak dapat menampung air yang berasal dari daratan sehingga potensi banjir di Jakarta diprediksi akan melebihi banjir yang terjadi pada 2007.

Pada 26 Januari 2013, diperkirakan air pasang bisa mencapai 1 meter. Jika terjadi curah hujan yang tinggi, BNPB pun memprediksi lebih dari 40 ribu warga DKI Jakarta akan mengungsi.

"Apabila nanti yang diramalkan BMKG pada tanggal tersebut ketinggian air naik atau robnya sampai 1 meter. Dimungkinkan pengungsi akan seperti tanggal 17 Januari dan akan di atas 40 ribu," ujarnya.

Pengungsi yang sudah kembali ke rumah pun diminta tetap waspada. Prediksi intensitas hujan sendiri, menurut Facthul, akan dilihat akurasinya sebelum tiga hari.

"Dengan BMKG kami koordinasikan aparat, tingkat kecamatan dan kelurahan. Meminta masyarakat mendengarkan untuk mau dievakuasi di tempat pengungsian, jangan sampai tambah korban,"  kata Facthul.


Penulis: Dian Maharani
Editor : Inggried Dwi Wedhaswary