Sabtu, 22 November 2014

News / Nasional

Politik

Nanan Soekarna Akan Bergabung ke PDI-P?

Kamis, 10 Januari 2013 | 15:03 WIB

Terkait

PURWAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Kepala Polri Komisaris Jenderal Nanan Soekarna menghadiri acara HUT ke-40 PDI Perjuangan di Waduk Djuanda Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (10/1/2013). Nanan hadir lengkap dengan pakaian dinas Polri.

Selama acara, Nanan mengenakan caping yang biasa dipakai petani atau nelayan. Caping yang disediakan panitia itu dicat berwarna merah ditambah gambar banteng dengan moncong putih lambang PDI-P.

Apakah Nanan akan bergabung dengan PDI-P setelah pensiun nanti? Ketua DPD PDI-P Jabar Tubagus Hasanuddin mengakui bahwa Nanan berniat bergabung dengan PDI-P. Sudah ada pembicaraan serius.

"Baru ngomong sehati seideologi. Katanya habis pensiun mau gabung," kata Tubagus di sela-sela acara.

Hanya saja, Tubagus mengaku belum ada pembicaraan lebih jauh seperti maju dalam pemilu legislatif 2014. "Belum tau. Pokoknya sekarang masih pedekate (pendekatan)," kata dia.

Ketika ditanyakan hal yang sama, Nanan belum mau berkomentar banyak. "Belum tau, kita lihat nanti. Mengalir aja seperti apa," kata mantan Irwasum Polri itu.

Hadir dalam acara peringatan HUT ini, di antaranya, Ketua Umum DPP PDI-P Megawati Soekarno Putri, pengurus DPP, DPD, DPC, dan ribuan kader PDI-P. Tokoh eksternal PDI-P yang hadir di antaranya Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar Akbar Tanjung, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Jimly Ashdiqqie, Ketua Komisi Yudisial Eman Suparman, mantan Kepala Polri Jenderal (Purn) Dai Bahctiar.

Sebelumnya, Nanan menjadi salah satu tokoh yang hendak diusung PDI-P dalam Pilkada Jabar 2013. Kebetulan, putra Jabar itu akan pensiun pada pertengahan tahun 2013. Namun, Megawati memilih Rieke Diah Pitaloka yang didampingi Teten Masduki.

 


Penulis: Sandro Gatra
Editor : Inggried Dwi Wedhaswary