Rabu, 16 April 2014

News / Nasional

Ulang Tahun ke-70, Taufiq Kiemas Banjir Ucapan Selamat

Senin, 31 Desember 2012 | 14:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Taufiq Kiemas merayakan ulang tahun ke-70 di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Senin (31/12/2012). Sang istri, Megawati Soekarnoputri yang juga Ketua Umum PDI Perjuangan turut mendampingi bersama putri mereka, Puan Maharani. Dalam sambutannya, Taufiq bersyukur karena telah diberi panjang umur dan dapat mengenal banyak orang.

"Saya diberikan karya Tuhan Yang Maha Esa untuk menjalinan hubungan kemanusiaan, persaudaraan dengan berbagai kalangan di Tanah Air. Baik dari kalangan masyarakat bawah sampai atas. Baik kalangan pemerintah, politisi, militer, akademisi, agamawan dan sebagainya," ujarnya.

Sejumlah pejabat pemerintahan, politisi, tokoh-tokoh nasional, hingga duta besar negara sahabat hadir memberi ucapan selamat padanya. Ketua Umum Partai Gerinda Prabowo Subianto mengaku mengenal Taufiq sebagai sosok yang bersahabat. Hal itu pun dapat dilihat dari banyaknya tamu undangan yang hadir. Balai Kartini pun dihiasi sejumlah karangan bungan ucapan selamat untuk Taufiq.

"Taufiq Kiemas seorang yang bersahabat dengan semua kalangan," ujar Prabowo.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, yang juga hadir di acara tersebut, mengaku, banyak belajar dari Taufiq. "Saya kan junior. Banyak sekali belajar kepada Pak Taufik, banyak sekali,"ujarnya.

Apa yang dipelajari Jokowi dari politisi senior PDI Perjuangan itu? Menurutnya, Taufiq banyak memberikan pelajaran terkait komunikasi politik. Hal ini kemudian digunakan Jokowi dalam melakukan pendekatan terhadap sesama politisi maupun masyarakat.

"Terutama masalah komunikasi politik, saya banyak belajar pada Pak Taufiq," kata Jokowi.

Para tokoh yang turut hadir dalam perayaan ulang tahun Taufiq Kiemas, di antaranya, Ketua DPR RI Marzuki Alie, Akbar Tandjung, Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, Presiden ke-3 RI BJ Habibie, mantan Ketua MK Jimly Assidiqi, Ketua PP Muhammadiyah Din Syamsudin, dan Ketua Fraksi PKS Hidayat Nur Wahid.

Perayaan ulang tahun ini sekaligus peluncuran buku biografi Taufiq Kiemas "Gelora Kebangsaan yang Tak Kunjung Padam". 


Penulis: Dian Maharani, Kurnia Sari Aziza
Editor : Inggried Dwi Wedhaswary