Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terkesan Masa Kecil

Kompas.com - 31/12/2012, 02:48 WIB

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Taufiq Kiemas mengaku tidak menyangka dengan apa yang dicapainya menjelang ulang tahun ke-70, 31 Desember 2012. Ia merasa aneh karena dibuatkan buku biografi berjudul Gelora Kebangsaan Tak Kunjung Padam.

”Agak aneh juga, umur 70 tahun bisa berbuat begini. Sama kayak Pak Boedi (Boediono) juga. Apa lagi yang dicari,” kata Taufiq seusai menyambangi koleganya, Wakil Presiden Boediono, di Kantor Wapres, tengah pekan lalu.

Wapres yang mendampingi dan mengantar Taufiq hingga pintu keluar hanya tersenyum mendengar pernyataan Taufiq. Wapres Boediono dua bulan mendatang juga genap 70 tahun.

Tentang buku biografinya itu, Taufiq mengaku paling terkesan dengan hidupnya di Yogyakarta saat berusia delapan tahun. Ia merasakan bagaimana ibunya yang orang Minang dan ayahnya orang Palembang bisa diterima dan hidup harmonis dengan masyarakat Yogyakarta. Saat itu, tidak banyak yang berbahasa Indonesia.

”Waktu itu ayah saya tentara, tetapi tidak ada gaji. Kami hidup dari sokongan orang Yogyakarta. Itu pluralisme pertama yang dipertontonkan kepada saya. Pengalaman di Yogyakarta itu luar biasa,” kata Taufiq didampingi putrinya, Puan Maharani.

Dalam pertemuan kekeluargaan itu, Taufiq memberikan buku biografinya kepada Wapres. Buku yang sama juga diberikan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono setelahnya. (why)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com