Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Siswa dan Warga Antusias Sambut Wapres

Kompas.com - 17/12/2012, 09:27 WIB
Christoporus Wahyu Haryo P

Penulis

LOMBOK TIMUR, KOMPAS.com- Kedatangan Wakil Presiden Boediono dan Ny Herawati Boediono di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Senin pagi (17/12/212), disambut ribuan siswa dan warga. Mereka antusias berdiri sambil bersorak-sorai di sepanjang jalan yang dilalui rombongan Wapres.

Rombongan Wapres yang menggunakan pesawat khusus BAe RJ-85 tiba di Bandara Internasional Lombok, Kabupaten Lombok Tengah, NTB, sekitar pukul 8.00 Wita. Sesaat setelah tiba, rombongan Wapres melanjutkan perjalanan ke lokasi peringatan Hari Nusantara 2012 di Labuhan Haji, Kabupaten Lombok Timur, melalui jalur darat.

Jarak dari bandara ke Labuhan Haji sekitar 60 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 15 menit. Hampir di sepanjang jalan sejauh 60 kilometer yang dilalui rombongan Wapres, warga berdiri dan menyambut dengan suka-cita. Siswa dari TK, SD, SLTP, hingga SLTA berdiri di pinggir jalan bersorak kegirangan dan melambaikan tangan.

Mereka melambaikan bendera Merah Putih, tidak hanya bendera Merah Putih kecil dari plastik atau kertas minyak buatan sendiri, tetapi juga bendera dari kain yang biasa dikibarkan di rumah-rumah. Sebagian dari siswa itu ada yang membawa poster bergambar Wapres Boediono. Bahkan ada siswa yang menyambut Wapres dengan memainkan drumband, seperti yang dilakukan SD 4 Masbagik, Lombok Timur.

Tidak hanya siswa, warga, aparat desa, dan pegawai negeri sipil juga ikut berbaris di pinggir jalan menyambut rombongan Wapres.

Kesahajaan tampak dari ibu-ibu yang ikut menyambut. Sebagian mengenakan pakaian berbalut kain, sebagian mengenakan daster. Meski hanya melihat Wapres secara langsung dalam sekedipan mata atau bahkan hanya melihat kelebatan iring-iringan mobil rombongan Wapres, mereka tetap ceria.

Beberapa di antara siswa dan warga ada yang mengabadikan momentum lewatnya iring-iringan mobil Wapres dengan menggunakan kamera dan telepon genggam. Sementara petugas kepolisian dan TNI disiagakan untuk menjaga di sejumlah tempat yang dilalui rombongan Wapres.

Mendapat sambutan yang luar biasa, Wapres yang duduk berdampingan dengan Ny Herawati di mobil RI 2, sesekali tampak membuka kaca mobil dan melambaikan tangannya ke arah anak-anak. Tentu saja sambutan yang tergolong luar biasa ini menjadi hiburan tersendiri untuk menikmati perjalanan sekitar 1 jam 15 menuju Labuhan Haji.

Penyambutan bagi pemimpin negeri yang berkunjung ke daerah menjadi kenangan tersendiri bagi Wapres. Wapres pernah berkisah, semasa belia pernah ikut melambaikan tangan menyambut Presiden Soekarno yang berkunjung ke Blitar, Jawa Timur. Tidak dinyana, kini Boediono yang menjabat Wapres, giliran mendapat sambutan dari siswa dan warga di setiap kunjungannya ke daerah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com