Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalau Mau Kaya, Jangan Jadi PNS

Kompas.com - 11/12/2012, 13:21 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Direktur Utama PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) Ismed Hasan Putro menilai menjadi seorang pekerja di sebuah perusahaan, khususnya pejabat pemerintah, berpotensi melakukan korupsi.

"Kalau mau kaya, jangan jadi pegawai negeri sipil (PNS). PNS itu sifatnya mengabdi," kata Ismed saat Seminar Nasional BUMN dan Kampanye Antikorupsi di Auditorium Wisma Antara, Jakarta, Selasa (11/12/2012).

Artinya, kata Ismed, menjadi seorang PNS memang tidak digaji besar. Untuk bisa menjadi besar pun, seorang PNS harus memiliki tingkat jabatan yang tinggi. Untuk bisa memiliki jabatan tinggi pun tidak mudah. Konsekuensinya, karena tidak digaji besar dan kebutuhan terus meningkat, ada peluang untuk melakukan korupsi.

"Biar aman, biar tidak dibawa ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), jangan jadi PNS. Lebih baik jadi wirausaha saja," tambahnya.

Terlebih lagi, sebut Ismed, pemerintah tahun depan ingin meningkatkan pertumbuhan ekonomi sebesar 6,8 persen.  Untuk mencapai target itu, menurutnya, diperlukan paling sedikit 7.000 pengusaha.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com