Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Messi Lewati Rekor Mueller

Kompas.com - 10/12/2012, 03:37 WIB

MADRID, KOMPAS.com - Setelah terhalang cedera, Lionel Messi akhirnya mampu melewati rekor legenda Jerman, Gerd Mueller. Ia mencetak gol ke gawang Real Betis pada laga Liga BBVA, Minggu atau Senin (10/12/2012) dini hari WIB, untuk melengkapi 86 golnya selama satu tahun kalender.

Sampai berita ini diturunkan, pertandingan Barcelona lawan Real Betis masih berlangsung. Dengan tahun 2012 masih tersisa 21 hari, maka Messi amsih berpeluang memperbaiki rekornya sendiri.

Pekan lalu, Messi sebenarnya berpeluang menyamai rekior Mueller kala membela Barcelona melawan Benfica di Liga Champions. Namun, dalam usaha mencetak gol, ia malah cedera dan harus digotong ke luar lapangan.

Mueller memegang rekor 85 gol dalam 60 penampilan pada tahun 1972. Sedangkan Messi mengawali rekornya di tahun 2012 dengan dua gol ke gawang Osasuna di Copa del Rey. Kemudian, gol demi gol lahir dari kaki Messi, termasuk lima gol ke gawang Bayer Leverkusen di ajang Liga Champions.

Dalam mencetak rekor, Mueller membukukan 40 gol di Bundesliga dalam 34 enampilan. Gol-golnya itu membawa Bayern Leverkusen menjuarai Bundesliga 1 pada musim 1971-72. Lima gol lainnya ia cetak di Piala ERopa 1972 yang membawa Jerman tampil sebagai juara.

Sementara, tahun ini, Messi total sudah memberi 74 gol buat Barcelona dan 12 gol buat timnas Argentina. Dia membukukan 56 gol di Liga BBVA, 13 gol di Liga Champions, dan 5 gol di Copa del Rey. Dua gol lagi dia cetak di Piala Super Spanyol.

Di tahun ini, Messi masih memiliki dua pertandingan Liga BBVA dan satu pertandingan Copa del Rey. Maka, sangat mungkin dia akan menambah pundi-pundi golnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com