Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Sangat Terbantu Layanan SIM Keliling

Kompas.com - 07/12/2012, 12:52 WIB
Neli Triana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pelayanan perpanjangan SIM/STNK keliling terbukti sangat membantu warga Jakarta dan sekitarnya. Jumat ini, pelayanan yang digelar Polda Metro Jaya salah satunya berlokasi di depan Taman Makam Pahlawan Kalibata.

"Bapak-bapak dan ibu-ibu sekalian, waktu menunjukkan pukul 11.30. Bagi yang akan menunaikan ibadah shalat Jumat dipersilakan. Kami tetap akan bekerja melayani bapak ibu sekalian," kata petugas melalui pengeras suara.

Tak lama kemudian, terdengar lagi pengumuman, "Bapak ibu yang dipanggil namanya silakan merapikan diri. Ini mau difoto untuk SIM, siapkan diri yang paling cakep. Ini untuk sampai lima tahun ke depan."

Ucapan ini membuat sebagian pengantre tersenyum simpul. Layanan SIM/STNK keliling hanya melayani perpanjangan SIM/STNK saja. Syaratnya cukup bawa SIM asli dan KTP asli, kemudian isi formulir yang disediakan.

"Hanya dilayani SIM/STNK yang mati kurang dari satu tahun saja. Kalau lebih dari satu tahun harus diuji lagi di Samsat," kata petugas di lokasi.

Akan lebih baik jika dipersiapkan fotokopi SIM dan KTP terlebih dahulu. Namun, jika mau praktis, bisa juga fotokopi di lokasi dengan membayar Rp 2.000. Biaya perpanjangan SIM C sebesar Rp 135.000 dan SIM A sebesar Rp 145.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com