Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masuk Kos-kosan, Pria Ini Diduga Hendak Mencuri

Kompas.com - 05/12/2012, 19:36 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sodiq (35) alias Ilham tak bisa berkata banyak saat dikelilingi puluhan warga RW 15, Bidaracina, Jatinegara, Jakarta Timur. Pria yang mengaku tinggal di daerah Kebon Nanas, Jakarta Timur, itu hanya bisa terduduk dengan kepala tertunduk.

Sodiq dituduh maling. Tuduhan yang disasar kepadanya bukan tanpa alasan. Sekitar pukul 16.30 WIB, Rabu (5/12/2012), Sodiq kepergok tengah memasuki sebuah kos Nomor 18A oleh salah seorang penguni bernama Rico Tantowi Putera, dekat dengan lokasi Sodiq diamankan. Pria yang saat diamankan mengenakan kemeja batik itu pun dituduh maling.

"Dia masuk kamar, posisinya sudah kayak mau ambil laptop saya. Di dekat situ juga ada handphone, saya langsung tangkap dia," ujar Rico yang merupakan mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Statistik semester 7 tersebut di lokasi.

Teriakan Rico menarik perhatian warga sekitar sehingga warga langsung mengepungnya. Namun, pria yang mengaku keturunan Arab itu patut berlega hati, warga yang kebanyakan terdiri dari pemuda tersebut tak menghadiahinya dengan penghakiman. Sebuah luka di bawah mata Sodiq cukup untuk membuatnya tak melawan.

"Dia sempat ngeles. Dia bilang warga sini, tapi ditanya kenal siapa dia gugup. Untung ada warga yang ngamanin dia ke kantor RW," lanjutnya.

Saat digelandang warga ke kantor RW 15, untuk menginterogasinya, nasib apes Sodiq bertambah. Sebuah obeng dengan dua mata kembang jatuh dari kantong celananya.

Alibi sebelumnya bagai runtuh terkubur amarah warga yang kian menjadi. Namun, masih saja Sodiq mengelak.
 
"Ane ngetok pintu mau nanya sepeda di depan rumah itu. Salahnya emang ane bawa obeng. Tadi ada handphone segala aja ane enggak ambil," kilah Sodiq.

Kepada para pemuda, Sodiq sempat mengaku kenal dengan beberapa pemuda setempat. Namun, ketika beberapa pemuda yang dimaksud dihadapkan kepadanya, ia hanya terdiam dengan kepala terus tertunduk. Warga hanya tertawa.

Beberapa saat kemudian, dua petugas Patroli Kontrol dari Kepolisian Sektor Jatinegara pun datang ke lokasi. Dari kantongnya, Polisi menyita beberapa barang, yakni dua buah bungkus obat yang diakuinya sebagai obat asma, sebuah obeng dan uang receh.

Kini, Sodiq masih diperiksa di ruangan Reserse Kriminal Polsek Jatinegara. Polisi menduga Sodiq adalah pemain lama yang sering beroperasi di daerah permukiman Bidaracina tersebut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com