Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Diminta Sosialisasikan Perubahan Kurikulum ke Penerbit

Kompas.com - 17/11/2012, 10:20 WIB
Ester Lince Napitupulu

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) meminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan segera menyosialisasikan perubahan kurikulum pendidikan tahun 2013. Sosialisasi ini dibutuhkan bagi penerbit buku teks pelajaran untuk dapat menyiapkan buku-buku teks yang sesuai perubahan kurikulum baru seperti yang disiapkan pemerintah.

"Kami meminta supaya Ikapi dilibatkan dan diberi sosialisasi yang cukup. Sebab, Ikapi pun ingin mendukung perubahan kurikulum dengan penerbitan buku-buku teks yang baik dan berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan pemerintah dan masyarakat," kata Ketua Umum Ikapi Pusat Lucya Andam Dewi dalam pembukaan Indonesia Book Fair ke-32 di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (17/11/2012).

Lucya mengatakan, Ikapi berkomitmen mendorong penerbit buku mengutamakan kualitas. Apalagi, untuk buku teks pelajaran, penerbit buku harus menghindari kesalahan pencetakan ataupun materi. "Keluhan soal terbitan buku pelajaran yang ada mengandung pornografi atau kekerasan sangat kami respons dengan baik. Kami mendukung supaya penerbitan buku pelajaran selektif. Dalam rangka perubahan kurikulum baru, penerbit harus diberi waktu yang cukup untuk menerbitkan buku-buku yang sesuai keinginan pemerintah dan sekolah," kata Lucya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com