Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Bagi-bagi Tips ke Rieke Soal Pilgub Jabar

Kompas.com - 08/11/2012, 15:32 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Duet Rieke Diah Pitaloka dengan Teten Masduki sudah hampir nyata untuk maju dalam bursa Pilgub Jawa Barat, yang akan dilakukan pada 2013. Sebagai sesama kader PDI-Perjuangan, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) pun punya saran tertentu buat rekannya itu terkait strategi kampanye.

"Ya, bisik-bisik sudah dong, ketemu terus. Tapi ya bisik-bisik masak disampaikan. Ini kan masalah strategi," ujar Jokowi saat mengikuti acara penandatanganan kerja sama sosialisasi empat pilar di Gedung Nusantara IV, Kompleks Parlemen, Senayan, Kamis (8/11/2012).

Saat didesak soal saran-saran yang diberikannya, Jokowi pun membocorkan bahwa sarannya ke Rieke tidak jauh berbeda dengan gaya kampanye yang dilakukannya saat di Jakarta.

"Agak-agak mirip. Karena wilayahnya lebih besar, tentu ada modifikasi-modifikasi," ucap mantan Wali Kota Solo ini.

Jokowi menilai bahwa pengusungan Rieke-Teten sudah menjadi pilihan dari Dewan Pimpinan Pusat PDI-Perjuangan. Mekanisme sudah dilakukan sebelum akhirnya partai berlambang Banteng ini mengusung keduanya dalam Pilgub Jawa Barat 2013.

"Yang penting itu sudah dari survei keinginan dari masyarakat di Jawa Barat," katanya lagi.

PDI-P akhirnya memutuskan tidak berkoalisi dalam Pilgub Jawa Barat 2013. PDI-P memutuskan mengusung pasangan calon Rieke-Teten tanpa koalisi lantaran sudah memiliki kursi yang cukup.

Rieke merupakan anggota Komisi IX DPR bidang ketenagakerjaan, sementara Teten adalah sosok penggiat korupsi. Pencalonan Teten ini sempat mengundang kontroversi lantaran sebelumnya Partai Gerindra sempat merapat ke Teten. Namun, Teten akhirnya memilih berduet dengan Rieke tanpa menyertakan Partai Gerindra.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com