Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serba Cepat di Zuri Express Lippo Cikarang

Kompas.com - 08/11/2012, 14:19 WIB

KOMPAS.com – “Para staf yang membuat saya merasa di rumah,” kata Paul, seorang tamu yang menginap di Grand Zuri Jababeka. Hotel yang terletak di daerah perindustrian Cikarang itu memang menjadi “sasaran” empuk bagi para ekspat yang bekerja di salah satu pabrik di Jababeka.

Sebagai hotel kelas bintang empat, para petinggi perusahaan warga negara asing pun memilih menginap di hotel ini. Bukan sekedar tamu hotel yang semalam atau dua malam. Sebagian besar, bahkan tujuh puluh persen kamar diisi oleh tamu yang menginap dalam jangka waktu yang lam, dalam hitungan minggu sampai bulanan.

Seperti Paul, asal Amerika Serikat, yang sudah menginap atau lebih tepatnya menetap di Grand Zuri Jababeka Hotel selama setahun. Saking betah di hotel ini, Paul sampai hafal nama-nama karyawan yang kerja di Grand Zuri Hotel Jababeka, terutama di bagian lounge, tempat ia bersantai.

Sehari-hari ia mengaku hanya menghabiskan waktu di dalam hotel di kala waktu luang. Jika tak ingin sekedar duduk santai di lounge, ia pun beralih ke area kolam renang. Menurutnya, tak ada alasan untuk menghabiskan waktu di luar hotel.

“Ke Jakarta, itu semua macet, saya tidak suka. Di hotel semua sudah ada. Saya senang sekedar duduk-duduk sambil browsing internet,” tuturnya.

Ya, hotel ini memiliki beragam fasilitas seperti pusat kebugaran, spa, kolam renang, ruang pertemuan, sampai lounge and bar, serta restoran. Seluruh hotel dilengkapi akses internet gratis.

President Direktur Zuri Hospitality Management (ZHM) Nicodemus Kasan Kurniawan, mengakui hotelnya memang bukan untuk kalangan turis asing yang datang dalam rangka berwisata. Namun, para karyawan asing yang mendapat tugas penempatan di Indonesia.

“Ini merupakan chain hotel operator yang seratus persen dikelola secara nasional. Tidak ada sumber daya manusia dari luar negeri. Kami ingin mengembangkan chain nasional yang bertaraf internasional,” tutur Nicodemus.

Salah satunya adalah pengembangan sumber daya manusia itu sendiri. Pihak ZHM memiliki semacam sekolah pelatihan bagi para calon karyawan. Salah satu hal yang digembleng adalah keramahan kepada tamu. Seperti yang dirasakan Paul, tamu dibuat agar merasa dekat dengan para staf hingga terasa berada di rumah sendiri.

Jababeka dan Lippo Cikarang sebagai kawasan yang dekat dengan pabrik dan perindustrian, maka kebutuhan akan hotel pun terus meningkat. Sayangnya, permintaan tinggi, namun ketersediaan kamar terbatas. ZHM pun melirik peluang tersebut.

Hotel pintar di Cikarang

Grand Zuri Jababeka pun kini memiliki “adik” baru yaitu Zuri Express Lippo Cikarang. Sebagai smart hotel, Zuri Express merupakan hotel bintang dua dengan berbagai fasilitas setara bintang tiga. Bagai proyek dalam kisah Roro Jonggrang, hotel Zuri Express Cikarang berhasil dibangun dalam 11 bulan dan resmi diluncurkan pada Senin (5/11/2012).

“Dengan bantuan tim ‘Roro Jonggrang’, hotel ini bisa dibangun dalam waktu 11 bulan. Banyak yang meragukan, tapi ternyata bisa,” tutur Hotel Manager Zuri Express Lippo Cikarang Indrata Kusuma Prijadi sambil berkelakar.

 Sesuai namanya yaitu “express” atau cepat, Zuri Express Lippo Cikarang menawarkan kemudahan bagi para tamu, terutama masalah kecepatan. Ini sesuai dengan konsep hotel yang diusung yaitu “smart hotel”. Belakangan di Indonesia, smart hotel menjadi tren pembangunan akomodasi di kota-kota besar.

“Proses lebih cepat daripada Grand Zuri. Proses check-in lebih cepat, check-out lebih cepat juga. Karena misalnya saat proses check-out, tamu tidak perlu lagi menunggu untuk cek mini baru. Sebab di Zuri Express tidak ada mini bar,” jelas Nicodemus.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com