Jumat, 19 September 2014

News / Nasional

DPR Minta Kejagung Perbaiki Kinerja

Selasa, 6 November 2012 | 11:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — DPR meminta Kejaksaan Agung memperbaiki kinerjanya terlebih dahulu sebelum mendapatkan tambahan anggaran untuk penyelidikan dan penyidikan. Jika kinerja Kejagung buruk, anggarannya justru bisa dikurangi.

"Kebijakan anggaran APBN adalah berbasis kinerja. Kalau kinerja buruk, sudah sepatutnya anggaran pun dikurangi," kata anggota Komisi III dari Fraksi Golkar, Bambang Soesatyo.

Menurut Bambang, Komisi III DPR memang bertekad agar kinerja Kejagung bisa sebaik KPK. Komisi III tengah mengupayakan pada APBN 2013, anggaran Kejagung khususnya untuk pendidikan, penyelidikan, dan penyidikan ditingkatkan setara dengan KPK. "Namun, untuk menuju ke sana, Kejagung harus menunjukkan dulu tren kinerja yang membaik atau meningkat," ujarnya.

Kinerja Kejagung saat ini masih jauh di bawah KPK. Terdapat sejumlah kasus korupsi yang ditangani Kejagung yang berlarut-larut penyelesaiannya, antara lain kasus korupsi proyek bioremediasi pada PT Chevron Pasific Indonesia, kasus korupsi jaringan internet pada PT IM2, anak usaha PT Indosat Tbk; kasus korupsi pengadaan alat laboratorium pada Universitas Sriwijaya, kasus proyek pengadaan alat laboratorium IPA madrasah Tsanawiah dan Aliah pada Kementarian Agama, dan proyek pengadaan alat bantu pendidikan dokter pada Kementerian Kesehatan.

Ketua Komisi III DPR Gede Pasek Suardika juga menyatakan hal serupa. "Kami meminta Kejagung melakukan reformasi fundamental di jajaran Pidana Khusus sebelum anggaran operasional dan tunjangannya disamakan dengan KPK," katanya.

Gede Pasek juga mengatakan, Jaksa Agung Muda Pengawasan harus berperan aktif melakukan pengawasan terhadap kinerja Pidsus. "Jaksa Agung juga sebaiknya tidak segan-segan melakukan perombakan total pada Pidana Khusus dan diisi dengan orang-orang yang berpengalaman dan berpengetahuan hukum pemberantasan korupsi sehingga Kejagung citranya akan membaik," paparnya.

Menanggapi permintaan DPR tersebut, Wakil Jaksa Agung Darmono mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk terus berusaha memperbaiki kinerja kejaksaan.


Penulis: M Fajar Marta
Editor : Rusdi Amral