Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Realisasi di Bawah Target

Kompas.com - 03/11/2012, 03:36 WIB

Denpasar, Kompas - Realisasi pelaksanaan kegiatan fisik dan penyerapan anggaran di Kementerian Pekerjaan Umum masih di bawah target ditetapkan. Kementerian PU menetapkan target pelaksanaan fisik mencapai 76,36 persen dan penyerapan anggaran mencapai 74,8 persen sampai akhir Oktober 2012. Namun, realisasi pelaksanaan fisik sampai awal November 2012 baru mencapai 66,35 persen dan penyerapan anggaran sekitar 60 persen.

”Pencapaian ini masih jauh tertinggal apabila dibandingkan dengan target rencana penyerapan,” kata Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto ketika membuka rapat kerja terbatas Kementerian Pekerjaan Umum di Wilayah Timur Tahun Anggaran 2012, di Sanur, Denpasar, Bali, Jumat (2/11). Djoko mengimbau jajaran Kementerian PU memberi perhatian dan melakukan upaya khusus untuk menyelesaikan semua program dan kegiatan di Kementerian PU dalam waktu sisa sampai akhir Desember 2012.

Dalam pembukaan rapat kerja kemarin, Djoko menginstruksikan tiga direktorat jenderal di Kementerian PU, yaitu Sumber Daya Air, Bina Marga, dan Cipta Karya, agar setiap direktorat jenderal tersebut mempercepat proses pelaksanaan lelang yang masih tersisa. Djoko merinci di Direktorat Jenderal Sumber Daya Air masih terdapat 88 paket senilai total Rp 342,4 miliar yang belum dilelang, di Direktorat Jenderal Bina Marga terdapat 61 paket senilai total Rp 183,8 miliar yang belum dilelang, dan di Direktorat Jenderal Cipta Karya terdapat 25 paket senilai Rp 18,9 miliar yang belum dilelang.

Djoko mengingatkan, ketiga direktorat jenderal itu mendapat alokasi dana paling besar, mencapai 97 persen, dari anggaran Kementerian PU yang sebesar Rp 75,24 triliun.

”Kinerja Kementerian Pekerjaan Umum sangat ditentukan oleh realisasi pencapaian tiga direktorat jenderal tersebut,” ujar Djoko kemarin.

Sebelum Djoko, Ketua Panitia Rapat Kerja Terbatas Kementerian PU yang juga Kepala Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri Kementerian PU, Taufik Widjoyono, dalam laporannya menyebutkan, sisa anggaran Kementerian PU tahun anggaran 2012 yang belum dicairkan lebih dari Rp 33 triliun, sementara waktu penyerapan anggaran tersisa kurang dari 35 hari kerja. Pada waktu yang sama ini, kata Taufik, Kementerian PU juga harus menyiapkan rencana untuk pelaksanaan program tahun 2013. (COK)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com