Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KTP Elektronik di Kebumen Baru Dibagi Awal 2013

Kompas.com - 30/10/2012, 18:53 WIB
Gregorius Magnus Finesso

Penulis

KEBUMEN, KOMPAS.com — Pembagian kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, baru akan dilakukan awal 2012. Saat ini telah ada sekitar lebih  dari 400.000 e-KTP yang telah dikirim ke dinas kependudukan dan catatan sipil setempat.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kebumen Ahmad Ujang, Selasa (30/10/2012), mengatakan, e-KTP yang sudah jadi rencananya akan didistribusikan ke kecamatan pada awal Desember 2012, kemudian dilanjutkan penyortiran di kecamatan yang diperkirakan memakan waktu lebih  kurang tiga bulan dari Januari hingga Maret 2013.

Hingga saat ini jumlah wajib e-KTP yang belum terekam sebanyak 214.791 atau 21,25 persen. Adapun penyebab belum terekamnya para wajib KTP tersebut, antara lain, sebagian wajib e-KTP masih menunggu undangan, banyak wajib KTP yang jompo/cacat, serta banyak yang merantau.

"Sebab lainnya karena banyaknya data wajib KTP ganda, wajib KTP sudah pindah, serta banyak wajib KTP sudah meninggal," ujar Ujang.

Untuk menjaring wajib KTP yang belum melaksanakan perekaman, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kebumen dan beberapa kecamatan telah melakukan perekaman jemput bola dengan menggunakan enroll mobile.

Ujang juga menyatakan, masyarakat tidak perlu menunggu surat undangan perekaman KTP elektronik dari kecamatan.

"Bagi masyarakat yang belum mendapat undangan tidak perlu menunggu-nunggu undangan, tetapi datang saja ke kecamatan. Perekaman e-KTP di Kebumen akan dilakukan hingga 31 Desember 2012," ujarnya. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com