Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Gantikan Wapres Dampingi SBY di Istiqlal

Kompas.com - 25/10/2012, 19:51 WIB
Kurnia Sari Aziza,
Joe Leribun

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden SBY biasanya didampingi Wapres Boediono shalat Idul Adha di Masjid Istiqlal. Namun karena Wapres sedang menunaikan ibadah haji, maka Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo yang dijadwalkan mendampingi SBY.

"Dalam Shalat Idul Adha nanti ada presiden beserta ibu. Kalau wakil presiden itu kan sedang naik haji. Gubernur yang baru juga hadir, setelah itu, baru Pak Jokowi juga akan menghadiri penyerahan hewan kurban presiden," jelas, Subandi Sekretaris Badan pelaksana dan pengelola masjid Istiqlal (BPPMI), di Masjid Istiqlal, Jakarta, Kamis (25/10/2012).

Menurut Subandi, shalat Idul Adha di Masjid Istiqlal akan dimulai pukul 07.00 WIB. Sementara acara penyerahan hewan dilangsungkan pukul 16.00 WIB. Rencananya, badan pelaksana dan pengelola masjid Istiqlal akan membagikan sekitar 5.000 kupon daging kurban.

"Kupon itu dipersiapkan tergantung banyaknya hewan kurban, tapi kita prediksi ada sekitar 5.000 kupon lah. Dan mungkin bisa bertambah sesuai dengan hewan kurbannya," jelas Subandi.

Terkait hewan kurban, Presiden dan Wakil Presiden seperti biasa berkurban sapi. Kepala Biro Umum Sekertariat Presiden Djarot Sri Sulistyo mengungkapkan, kedua sapi itu didatangkan dari daerah Pati, Jawa Tengah. Keduanya merupakan jenis sapi Angola atau sering disebut sapi Jawa.

"Sapi Jawa, bukan peranakan. Ini pilihan Bapak Presiden dan Wakil, mereka juga memilih yang berwarna putih," jelas Djarot.

Subandi mengatakan, Presiden dan Wapres lebih memilih sapi Jawa karena jenis ini bukan hasil persilangan, mutu dagingnya pun lebih baik.

"Kalau dulu namanya Rambo, sekarang pendekar tanpa nama aja lah," tutur Djarot.

Rencananya, setelah shalat Ied, kedua hewan kurban itu akan diserahkan kepada Kementerian Agama RI sebelum disembelih sebagai kurban. Berat sapi kurban Presiden diketahui sekitar 1,07 ton, sedangkan sapi kurban Wakil Presiden 921 Kg.

Terkait jadwal Jokowi, sebelumnya Kepala Bidang Informasi Publik Dinas Komunikasi, Informasi, dan Kehumasan (Diskominfomas) DKI Jakarta Eko Hariadi mengatakan bahwa Jokowi akan shalat di Balaikota. Namun ajudan Jokowi, David, membenarkan bahwa Jokowi akan melaksanakan shalat Ied di Masjid Istiqlal.

"Besok Bapak Shalat ke Masjid Istiqlal. Sama Ibu, Pak Supartono, Pak Bejo, dan Pak Ihsan. Berangkatnya mungkin dari rumah jam 6 pagi," kata David.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com