Senin, 22 Desember 2014

News / Lipsus News

Bolehkah Puasa di Hari Raya Idul Adha?

Rabu, 24 Oktober 2012 | 15:34 WIB

Terkait

TANYA:
Ass. wr. wb, ustadz, saya mau bertanya saya kan sedang menjalani puasa Nabi Daud (sehari puasa sehari tidak), nah kebetulan tanggal 26 Oktober saya jatahnya puasa bertepatan dengan Idul Adha, bagaimana tuh ustadz, harus puasa atau tidak boleh. Terima Kasih atas sarannya.

JAWAB:

Waalaikumsalam wr.wb, ibu Uum yang dirahmati Allah, ada tiga waktu yang jelas-jelas diharamkan untuk muslim berpuasa, yaitu: 1. Pada saat hari Raya Idhul Fitri tanggal 1 Syawal; 2. Pada saat Hari Raya Idhul Adha tanggal 10 Dzulhijjah; 3. Pada 3 hari Tasyrik yang jatuh pada tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah.

Ibu tidak boleh berpuasa pada hari-hari tersebut, sehingga tidak sah hukumnya puasa yang Ibu jalani pada kelima hari tersebut. Hal tersebut sesuai dengan dalil, "Sesungguhnya Rasulullah saw melarang puasa pada kedua hari ini. Adapun hari raya Idul fitri, ia merupakan hari berbuka dari puasamu, sedang hari raya Idul adha maka makanlah hasil kurbanmu." (HR Ahmad dan imam empat).

Abu Hurairah ra, bahwa Rasulullah mengutus Abdullah bin Hudzaifah berkeliling kota Mina untuk menyampaikan, "Janganlah kamu berpuasa pada hari ini karena ia merupakan hari makan minum dan berzikir kepada Allah." (HR Ahmad). Semoga membantu, wallahu'alam.

 


Editor : Farid Assifa