Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Protes Kekerasan Oknum TNI, Wartawan Datangi RRI

Kompas.com - 17/10/2012, 14:44 WIB
Kontributor Halmahera, Anton Abdul Karim

Penulis

TERNATE, KOMPAS.com — Para wartawan di Ternate, Maluku Utara, dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Ternate juga menggelar aksi solidaritas atas kasus kekerasan terhadap fotografer Riau Pos oleh oknum perwira TNI AU.

Para wartawan memenuhi kantor RRI Cabang Ternate untuk meminta menyuarakan rasa keprihatinannya atas kasus kekerasan terhadap jurnalis. Puluhan wartawan dari media cetak ataupun elektronik baik lokal maupun nasional ini saat tiba di kantor RRI cabang Ternate, Rabu (17/10/2012), langsung melakukan orasi. Mereka mengecam aksi pemukulan wartawan oleh oknum anggota TNI AU tersebut.

"Kami meminta kepada wartawan yang menjadi korban pemukulan agar tidak menyelesaikan masalah ini secara kekeluargaan. Ini agar kasus-kasus kekerasan terhadap wartawan tidak lagi terjadi di kemudian hari," teriak Abdullah Dahlan, salah seorang wartawan media cetak saat menyampaikan orasinya.

Para wartawan juga mendesak agar oknum anggota TNI AU yang memukul wartawan juga harus diadili karena dinilai melakukan tindakan melanggar hukum. Saat melakukan aksi, wartawan melakukan aksi teatrikal berupa meniru aksi kekerasan terhadap wartawan sebagaimana yang menimpa seorang fotografer Riau Pos. Aksi tersebut mendapat respons dari pihak RRI Cabang Ternate dengan menyiarkan secara langsung aksi keprihatinan para wartawan di Ternate.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com