Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benahi Permukiman, Kerjasama Pertama Perumnas dan Jokowi

Kompas.com - 21/09/2012, 17:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Perum Perumnas akan bekerja sama dengan Pemda DKI Jakarta untuk menata permukiman di DKI Jakarta. Kerjasama tersebut akan dilakukan setelah Perumnas mengantongi peraturan pemerintah tentang perubahan status menjadi perseroan terbatas (PT) pada Oktober 2012.

Direktur Utama Perumnas Himawan Arif di Jakarta, Jumat (21/9/2012), menjelaskan, selama ini perseroan mendapatkan mandat dari pemerintah untuk membangun perumahan. Dengan mengantongi peraturan pemerintah tersebut, Perumnas dapat langsung berkolaborasi dengan Pemda DKI Jakarta untuk membenahi Kota Jakarta.

"Kalau dulu kita selalu tergantung dengan Kementerian. Dengan PP, kita bisa langsung dengan pemda," kata Himawan.

Menurut dia, setelah perusahaan berubah status menjadi PT, selanjutnya perseroan akan mengajukan dokumen kepada Pemda DKI Jakarta dalam mengembangkan permukiman di Jakarta.

"Mengacu ke pengalaman kita. Kita pernah di Solo dengan mengembangkan perumahan di Solo sekaligus kita bisa berinteraksi dengan pemerintah Solo," katanya.

Rencananya, pemerintah akan membangun perumahan setelah Pemda DKI Jakarta membebaskan lahan yang akan dijadikan rumah. Gubernur DKI terpilih melalui lembaga survei, Joko Widodo atau Jokowi, dalam visinya akan membenahi permukiman di kawasan bantaran kali. Selain itu, Jokowi akan membangun kampung deret guna merelokasi warga di bantaran sungai.

Keberadaan kampung relokasi tersebut diharapkan dapat menjadi solusi pengentasan permukiman kumuh di Jakarta. Untuk program ini, warga tidak akan digusur dari lokasi mereka tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com