Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prabowo: Rakyat Sudah Pintar

Kompas.com - 20/09/2012, 19:29 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Isu suku, agama, ras, dan antar-golongan (SARA) yang digelontorkan kelompok tertentu pada Pemilu Kepala Daerah DKI Jakarta ternyata tak terbukti. Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama yang disudutkan atas isu ini pun berhasil mengungguli pasangan Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli dalam hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei.

Terkait hal ini, Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto menilai hasil pilkada kali ini bukti kemenangan rakyat. "Ini adalah kemenangan rakyat Indonesia, rakyat Jakarta. Saya melihat masyarakat juga lebih dewasa," ujar Prabowo saat mengunjungi markas Jokowi-Basuki, Jalan Borobudur 22, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (20/9/2012).

Prabowo menganggap warga Jakarta tidak bisa dibodohi dengan isu SARA. Mereka pun bisa membedakan mana yang benar dan salah. Sayangnya justru banyak politisi yang mengatakan rakyat Indonesia bodoh dan gampang dibakar emosinya.

Kampanye bermuatan SARA hampir selalu terjadi di setiap wilayah Jakarta. Kampanye SARA dilakukan melalui berbagai bentuk, seperti brosur, pamflet, hingga spanduk dan baliho. Ajakan untuk memilih pemimpin yang seiman pun dilontarkan para pemuka agama di tempat ibadah.

Prabowo berharap Jokowi bisa bekerja dengan baik dan fokus di masa datang. "Jangan beralih. Itu saja yang saya harapkan. Saya berharap pemimpin tidak mencuri, tidak maling uang rakyat. Kita berharap tidak ada lagi pemimpin yang begitu banyak bicara," kata mantan Danjen Kopassus ini.

Hasil hitung cepat Litbang Kompas dan berita-berita lain terkait Pilkada DKI Jakarta dapat dilihat di Liputan Khusus Jakarta1.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com