Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nazaruddin Juga Ikut Nyoblos Putaran Kedua

Kompas.com - 20/09/2012, 11:26 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta putaran kedua yang berlangsung hari ini, Kamis (20/9/2012), tidak hanya diikuti masyarakat umum, tetapi juga mereka yang berstatus sebagai tahanan.

Di Rumah Tahanan Negara Kelas I, Cipinang, Jakarta Timur, sejumlah tahanan dapat menggunakan hak pilihnya untuk mengikuti pencoblosan.

Tampak juga terdakwa kasus korupsi wisma atlet, Muhammad Nazaruddin, yang turut melakukan pencoblosan.

Nazaruddin yang mengenakan baju setelan batik hijau, celana panjang hijau gelap, dan mengenakan sandal tersebut tidak diperkenankan pihak lapas untuk diwawancarai. Namun, Nazar sempat berujar singkat.

"Tambah sehat, banyak olahraga," ujar Nazar tersenyum, yang mencoblos di TPS Nomor 086.

Ahmad Jazuli, Ketua TPS 086, mengatakan, jumlah pemilih di Cipinang tidak tetap. Tidak sebanyak data yang ada.

"Jumlahnya, kan, tidak sesuai dengan data yang ada karena tahanan di sini sifatnya fluktuatif, ada yang sudah dimutasikan," ujar Ahmad.

Sementara itu, data yang diperoleh dari Kasi Peliputan dan Penyajian Berita Ditjen Pas Ika Yusanti, untuk isi rutan se-DKI Jakarta, per 20 September 2012, terdapat 13.363 orang yang terdiri dari tahanan sebanyak 6.700 orang dan narapidana sebanyak 6.663 orang.

Jumlah pemilih di TPS lapas atau rutan di DKI ada 10.093 orang, dengan total jumlah TPS sebanyak 27 TPS, yang masing-masing sebagai berikut: Lapas I Cipinang 5 TPS, Lapas Narkotika Jakarta sebanyak 7 TPS, Lapas Salemba 2 TPS, Rutan Jakarta Pusat 5 TPS, Rutan Cipinang 5 TPS, dan Rutan Jakarta Timur sebanyak 3 TPS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com