Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Papua Usulkan Dua Kabupaten Baru

Kompas.com - 19/09/2012, 07:20 WIB
Anita Yossihara

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Para tokoh serta masyarakat di wilayah selatan Papua kembali mengusulkan pembentukan dua kabupaten baru. Dua kabupaten baru itu adalah Muara Digul dan Admi Korbai yang saat ini masuk wilayah Kabupaten Mappi.

Usulan pembentukan dua kabupaten baru itu disampaikan para tokoh dan perwakilan masyarakat kepada Komisi II DPR, Selasa (18/9/2012). Rombongan tokoh dan perwakilan masyarakat itu dipimpin langsung oleh Bupati Mappi Stevanus Kaisma.

"Kami datang untuk menyampaikan aspirasi masyarakat suku Auyu, suku Korowai, dan suku Kombai di selatan Papua yang menginginkan adanya pemekaran, yakni Kabupaten Muara Digul di Bade dan Admi Korbai di Senggo," kata Stevanus Kaisma.

Bupati Mappi itu juga memaparkan, hingga saat ini pembangunan di daerah selatan Papua itu sangat tertinggal. Infrastruktur jalan belum terbangun sehingga tidak bisa diakses dengan menggunakan alat transportasi darat. Dua calon kabupaten itu hanya bisa diakses dengan menggunakan transportasi udara atau sungai.

Dengan adanya pemekaran diharapkan pembangunan di dua daerah tersebut bisa ditingkatkan. Selain itu, kesejahteraan masyarakat juga bisa meningkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com