Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Makassar Juga Bakar Bendera Amerika

Kompas.com - 18/09/2012, 16:46 WIB
Kontributor Makassar, Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Protes terhadap Film Innocence of Muslims yang dibuat oleh Sam Bacile, salah seorang warga Amerika Serikat terus meluas. Di Makassar, puluhan mahasiswa dari berbagai Universitas membakar bendera Amerika Serikat (AS) dan melakukan teatrikal di bawah jalan layang (fly over), Makassar, Selasa (18/9/2012).

Puluhan mahasiswa dari berbagai universitas di Makassar ini melakukan aksi demonstrasi sambil membakar ban bekas sebanyak 9 buah yang disebar di perempatan Jalan AP Pettarani-Tol Revormasi-Jl Urip Sumoharjo. Akibatnya, arus lalu lintas di perempatan jalan utama di kota Makassar menjadi terganggu dan mengakibatkan kemacetan.

Nampak di lokasi aksi, tidak ada aparat keamanan melakukan pengawasan dan penjagaan serta mengatur arus kendaraan yang mengalami macet total. Dengan selimut asap hitam tebal, mahasiswa melakukan orasi mengutuk film Innocence of Muslims yang dibuat oleh Sam Bacile.

"Pembuatan dan penyebarluasan film tersebut sangat menghina agama Islam dengan menginjak-nginjak kehormatan Rasulullah SAW. Kami mengutuk keras pemerintah Amerika Serikat yang membiarkan penyebarluasan film tersebut. Yang jelas, pelaku pembuatan film tersebut harus dihukum mati," ujar salah satu pendemo.

Aksi mahasiswa ini tidak berlangsung lama. Mereka datang langsung membakar 9 ban bekas yang disebar dibeberapa titik di bawah fly over yang selanjutnya melakukan orasi-orasi dan teatrikal Presiden Amerika Serikat Barack Husein Obama dicekik oleh seorang pria yang mengenakan sorban. Seorang di antara pendemo lalu membakar bendera Amerika Serikat.

Usai melakukan aksinya, pendemo lalu membubarkan diri dengan berkendara puluhan motor. Sementara itu, 9 titik api yang tersebar di bawah fly over padam setelah ban bakas tersebut habis terbakar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com