Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/09/2012, 15:18 WIB

BENGKULU, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan sumber daya manusia yang handal akan membawa perekonomian Indonesia terus tumbuh. Sehingga target pendapatan per kapita masyarakat Indonesia pada 2014 menjadi 5.000 dollar AS, akan tercapai.

"Saat ini pendapatan per kapita per tahun sebesar 3.542 dollar AS dan akan terus ditingkatkan hingga 5.000 dollar AS pada 2014," katanya saat memberikan kuliah umum di hadapan mahasiswa Universitas Profesor Hazairin Bengkulu, Jumat (14/9/2012).

Terkait SDM tersebut, Hatta berharap perguruan tinggi di Indonesia bisa mengembangkan wirausahawan dan berinovasi. Menurutnya, penciptaan wirausahawan di setiap universitas akan mendorong mahasiswa lebih mandiri dalam dunia kerja. Oleh karena itu, harus ada mata kuliah khusus mengenai wirausaha.

"Dengan semangat wirausaha mahasiswa jika lulus langsung bisa mengembangkan ekonominya sendiri tanpa harus dihantui mau kerja dimana. Kita masih sangat kekurangan wirausahawan saat ini," ucapnya.

Untuk bisa menciptakan wirausahawan muda dunia kampus di tuntut terus melakukan inovasi dalam bidang ekonomi dan teknologi.  "Inovasi yang merupakan produk pengetahuan adalah salah satu kunci keberhasilan bangsa," katanya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com