Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

13 Lutung Dilepas di Hutan Kota Batu

Kompas.com - 13/09/2012, 14:41 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis

BATU, KOMPAS.com - Sebanyak 13 ekor lutung Jawa, dilepas di kawasan Hutan Coban Talun, Kota Batu, Jawa Timur, pada Kamis (13/9/2012). Lutung dilepas di hutan setempat, karena diketahui di hutan Coban Talun habitat lutung sudah mengecil. Padahal, hutan Coban Talun adalah hutan yang dikenal berpenghuni lutung Jawa.

Iwan Kurniawan, manager Javan Langur Center (JLC), lembaga rehabilitasi perimata di Coban Talun, mengatakan satwa bernama latin Trachypithecus Auratus itu sebelumnya menjalani rehabilitasi di JLC.

Dari 13 lutung itu, terbagi menjadi dua kelompok, yakni terdiri dari 1 jantan dewasa dalam setiap kelompoknya, sisanya induk betina dan tiga bayi lutung.

"Lutung itu sudah diberi nama Tukul dan Rojali, untuk jantan dewasa," aku Iwan ditemui setelah melepas Lutung.

Hutan lindung Coban Talun, jelas Iwan, merupakan habitat alami lutung sejak lama. "Tragisnya, dalam kurun waktu terakhir, habitat lutung sudah mengecil. Diduga, akibat perambahan hutan lindung atau alih fungsi hutan. Makanya kita lepas Lutung Jawa di sini," katanya.

Menurut Iwan, hutan Coban Talu sangat cocok menjadi tempat pelepasan lutung, karena hutan ini memiliki persediaan makanan bagi lutung. "Dengan pelepasan lutung itu, harapan saya, bisa mengawali perkembangbiakan lutung di wilayah hutan ini," harap Iwan.

Lutung dinilai tak akan kehabisan makanan karena di dalam hutan persediaannya banyak. Untuk antisipasi dan memantau kondisi lutung, pihak JLC telah memasang chip kepada 13 lutung Jawa tersebut.

"Untuk memantau kondisi lutung, kami memberi chip di masing-masing lutung," tandas Iwan.

Dalam proses pelepasan, sebanyak 13 lutung itu dimasukkan ke kandang tersendiri dan dibawa oleh para petugas JLC dengan dipanggul berjalan kaki, ke hutan Coban Talu, yang jaraknya kurang lebih 3 kilometer dari lokasi JLC.

"Masing-masing lutung ditaruh dalam satu kotak kandang," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com