Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini, Kalla dan Antasari ke DPR

Kompas.com - 12/09/2012, 02:01 WIB

Jakarta, Kompas - Tim Pengawas DPR untuk Penuntasan Kasus Bank Century, Rabu (12/9) ini, akan meminta keterangan mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla dan mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Antasari Azhar. Penjelasan diharapkan menambah terang kasus pemberian dana talangan Rp 6,7 triliun untuk Bank Century.

”Sudah ada konfirmasi, keduanya akan hadir,” kata anggota Timwas DPR, Hendrawan Supratikno, Selasa (11/9) di Jakarta.

Timwas DPR memanggil Antasari terkait pernyataannya menghadiri rapat terbatas yang dipimpin Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 9 Oktober 2008. Di rapat itu, Presiden memaparkan krisis ekonomi di Amerika Serikat serta bagaimana Indonesia dapat mengantisipasinya dari sisi ekonomi dan hukum. Kalla yang saat itu menjadi wakil presiden tidak ada dalam rapat. ”Kami tertarik setelah melihat reaksi Presiden yang menyatakan, rapat tidak membahas Century,” tutur Hendrawan.

Pada 6 Oktober 2008, ada usulan agar pemerintah menjamin semua simpanan di bank. Namun, Kalla menolak usulan itu. Pada 13 Oktober 2008, diputuskan yang dijamin hanya simpanan di bawah Rp 2 miliar. Ketentuan itu membuat Budi Sampoerna sebagai salah satu nasabah Bank Century diduga memecah-mecah simpanannya hingga masing-masing maksimal Rp 2 miliar. ”Pertemuan 9 Oktober jadi mosaik baru dalam wacana penjaminan tersebut,” ujar politisi PDI-P ini.

Timwas DPR memutuskan meminta penjelasan Kalla karena dari 13 pertemuan yang digelar pemerintah untuk mengantisipasi krisis ekonomi, Kalla hanya dua kali diundang. Salah satu pertemuan yang dihadiri Kalla, yakni pada 20 November 2008. Seusai rapat, dinyatakan kondisi ekonomi nasional cukup mantap. Saat itu Presiden berada di AS.

Bambang Soesatyo, anggota Timwas dari Fraksi Partai Golkar, menyatakan, setelah mendengarkan penjelasan Kalla dan Antasari, Timwas berencana meminta penjelasan perkembangan pengusutan kasus Bank Century dari KPK.

Idrus Marham, mantan Ketua Panitia Khusus DPR untuk Kasus Bank Century, menilai, langkah memanggil Antasari dan Kalla akan memunculkan kembali nuansa politik kasus Bank Century. Padahal, yang seharusnya dilakukan adalah mengawal penyelesaian hukumnya. (NWO)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com