Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Dibakar, Orang Tua Mengadu Ke KPAI

Kompas.com - 11/09/2012, 12:03 WIB
Joe Leribun

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasus kekerasan terhadap anak dialami Duvan Wayongkere (11), yang dibakar sejumlah pemuda pada Januari 2010 lalu. Jackson, ayah Duvan, pun mengadu ke Komisi Perlindungan Anak (KPAI).

Sekitar pukul 11.00 WIB, Jackson didampingi Ketua Dewan Pembina Komnas Perlindungan Anak Seto Mulyadi tampak mendatangi kantor KPAI di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat. Rencananya, korban akan melakukan pertemuan dengan komisi perlindungan anak sekitar pukul 12.00 WIB.

Menurut informasi dari Sekretaris KPAI Ihsan, kekerasan terhadap anak ini terjadi di Manado, Sulawesi Utara. Kronologinya, pada 2 Januari 2010, Duvan (11) keluar dari rumahnya sekitar pukul 20.00 Wita hingga 20.30 Wita. Beberapa saat kemudian, tetangga korban memberitahukan kepada orang tua korban yang sedang berada di rumahnya bahwa Duvan dibakar orang.

Orang tua Duvan segera keluar rumah dan melihat anaknya sudah terbakar. Korban Duvan meninggal 4 hari kemudian (6 Januarai 2010) di RS Kandou Manado.

Berdasarkan keterangan orang tua korban, didukung rekaman video, Duvan dibakar oleh dua orang dewasa. Kedua tersangka pelaku bernama Marvil dan Opa.

Dari rangkuman keterangan yang dikumpul pihak kepolisian, korban disergap di tempat gelap (daerah ilalang) sekitar 50 hingga 100 meter dari rumah korban. Setelah kejadian, di TKP berserakan korek api.

Ketika korban sedang menyala, ia berlari ke arah warung milik Ibu Rin tetapi Ibu Rin tidak menolong korban dan menutup pintu rumahnya.

Saat ini kasus kekerasan terhadap anak ini masih ditangani Polsek Tikala, Manadi, Sulawesi Utara.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com