Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bom Depok Bukan Tujuan Akhir

Kompas.com - 10/09/2012, 01:44 WIB

Jakarta, Kompas - Ledakan bom rakitan di Beji, Depok, Sabtu malam, kemungkinan besar terkait dengan temuan bahan peledak di Jembatan Besi, Tambora, Jakarta Barat. Polisi juga mendalami kemungkinan keterkaitannya dengan aksi teror di Solo, Jawa Tengah. Ledakan bom rakitan di Beji bukan tujuan akhir aksi terorisme kelompok yang sedang diungkap aparat keamanan.

”Kami belum tahu apakah (ledakan terjadi) saat perakitan atau salah penanganan saat merakit. Ledakan bom rakitan di Beji bukan merupakan tujuan atau sasaran akhir,” kata Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Djoko Suyanto di Jakarta, Minggu (9/9).

Di lokasi ledakan, sebuah rumah di Jalan Nusantara Raya 63, Beji, polisi menemukan bahan peledak dalam jumlah besar, bom aktif, pistol pietro baretta, dan dua senjata rakitan sejenis mitraliur. ”Cukup banyak (bahan peledak), belum ditimbang,” kata Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Ansyaad Mbai, seusai meninjau lokasi ledakan, Minggu dini hari.

Kemungkinan keterkaitan ledakan di Beji dengan temuan bahan peledak di Tambora didasarkan pada temuan surat. Menurut Ansyaad, surat wasiat diduga ditulis M Thoriq yang ditujukan kepada keluarga. ”Dia minta rida Tuhan,” katanya.

Minggu petang, Thoriq menyerahkan diri kepada anggota kepolisian di Pos Polisi Jembatan Lima, Tambora. Saat ini, Thoriq diperiksa di Direktorat Reserse Kriminal Umum Kepolisian Daerah Polda Metro Jaya. ”Dia menyerahkan diri, tidak dalam keadaan terluka. Dia mengaku berada di lokasi ledakan di Beji saat kejadian,” ujar Komisaris Besar Rikwanto, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya.

Tiga orang terluka

Ledakan keras terjadi Sabtu sekitar pukul 21.10. Jaraknya hanya 5 meter dari sebuah menara jaringan listrik tegangan tinggi. Di rumah petak berukuran sekitar 4 meter x 3 meter di Beji itu terpasang spanduk bertuliskan ”Yayasan Yatim Piatu Pondok Bidara”. Ledakan menjebol atap, pintu, dan dinding.

Akibat ledakan itu, tiga orang terluka, satu di antaranya terluka parah. Ledakan ini berselang tiga hari setelah penangkapan terduga teroris, Firman, di Perumahan Anyelir 2, Depok.

Ansyaad mengemukakan, senjata baretta yang ditemukan di Beji hampir bisa dipastikan berasal dari luar negeri. Polisi mendalami keterkaitan ledakan ini dengan terorisme Solo karena kemiripan temuan senjatanya.

Dari keterangan sejumlah saksi di Beji, dua orang melarikan diri dari lokasi seusai ledakan. Dani Aditya (27), yang rumahnya terletak di depan rumah kontrakan yang meledak, mengatakan, ”Dua orang lari. Laki-laki cuma pakai celana, berlumuran debu rumah. Salah satunya bahkan teriak ’kiamat’,” ujarnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com