Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pos Pemantau Api Gunung Agung Digeser

Kompas.com - 03/09/2012, 21:12 WIB
Kontributor Denpasar, Muhammad Hasanudin

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com -- Pos pemantau pemadaman api Gunung Agung, Karangasem Bali, Senin (3/9/2012) digeser ke tiga lokasi yakni pos Dusun Tanah Aron Desa Bhuanagiri, pos Dusun Nangka Desa Bhuanagiri dan di pos Dusun Yeh Kori Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem, Karangasem.

Sebelumnya pos berada di Kedampal, dan pemindahan pos ini dilakukan setelah kobaran api di lereng Kedampal padam.

"Sampai saat ini telah dibentuk tiga pos yang semuanya berada di wilayah Bebandem. Dimana sampai saat ini masih ditemukan dua titik api di wilayah tersebut," ujar Kepala Pelaksana Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karangasem I Nyoman Sutirtayasa.

Ketiga pos ini memiliki fungsi yang berbeda. Pos Yeh Kori dan Dusun Nangka sejauh ini hanya melakukan pemantauan karena medan yang terjal sehingga tim SAR gabungan kesulitan melakukan pemadaman di sekitar 2 pos tersebut.

Sementara pada pos Dusun Tanah Aron, tim SAR sudah bisa melakukan upaya pemadaman api dengan membuat parit untuk memutus api. "Mudah-mudahan api bisa diputus, sehingga api padam," harap Sutirtayasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com