Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foke: Mau Jakarta Maju Apa Mundur?

Kompas.com - 27/08/2012, 20:51 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo membantah jika kebijakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menambah fasilitas WiFi gratis baru dilaksanakan akhir-akhir ini, menjelang putaran kedua Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta pada 20 September 2012 mendatang.

"Mau Jakarta maju apa mundur? Pikirannya ngeres melulu, sih. Baru juga selesai puasa," kata pria yang akrab disapa Foke itu seusai Rapat Pimpinan di Balaikota DKI, Jakarta, Senin (27/8/2012).

Menurutnya, fasilitas WiFi gratis ini sudah ada sejak lama. Misalnya saja di Monas, Taman Menteng, Taman Ayodya, Halte busway Harmoni, Halte busway Dukuh Atas.

Layanan WiFi gratis ini sudah bisa dinikmati warga Jakarta yang melintasi jalur Air Mancur Bundaran HI-Bundaran Senayan dan lintasan Grogol-Cawang mulai 1 September 2012 mendatang.

Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, dan Kehumasan DKI Jakarta Sugiyanta menjelaskan, rencana lima tahun ke depan, seluruh wilayah di DKI Jakarta akan bisa mengakses internet secara gratis.

"Harganya tidak mahal. Anggaran yang digunakan untuk penyediaan layanan ini diperoleh dari kompensasi melalui kerja sama DKI dengan perusahaan pengguna fiber optic," ujar Sugiyanta.

Saat ini, Sugiyanta menjelaskan, Pemprov DKI sedang bekerja sama dengan tiga perusahaan pengguna fiber optic. Berdasarkan kesepakatan, ketiga perusahaan tersebut masing-masing wajib menyediakan 2 buah core (inti-kesatuan) yang bisa dimanfaatkan untuk layanan publik.

"Sudah 4 buah core yang digunakan. Sisa dua buah core lainnya dimanfaatkan untuk kebutuhan pihak perusahaan swasta," ujar Sugiyanta.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com