Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran di Gunung Papandayan Belum Teratasi

Kompas.com - 27/08/2012, 11:21 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Kebakaran di Gunung Papandayan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, hingga kini masih ditangani oleh berbagai pihak mulai masyarakat maupun TNI. Salah satu opsi penanganan yang tersisa adalah melokalisir api.

"Hanya itu pilihan kita. Untuk memadamkan jelas sulit karena tidak bisa dijangkau mobil pemadam kebakaran," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat, Udjwalaprana Sigit, di Bandung, Senin (27/8/2012).

Dia mengungkapkan bahwa ada setidaknya 30 hektar lahan yang terbakar di lereng Papandayan. Saat ini ditangani oleh masyarakat, anggota BPBD, TNI maupun relawan yang jumlahnya mencapai 200 orang.

Yang saat ini ditangani adalah bara yang masih tersisa dari kayu maupun dahan yang habis terbakar. Bila tertiup angin, dikhawatirkan bisa membakar tempat lain.

Selain titik di Papandayan, Sigit juga mencurigai munculnya titik api di Gunung Cermai, Cirebon, maupun Gunung Tampomas, Sumedang. Untuk saat ini, titik api yang muncul masih kecil dan bisa ditangani segera.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com