Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Boarding Pass" KA Tekan Urbanisasi Pasca-Lebaran

Kompas.com - 22/08/2012, 14:40 WIB
Joe Leribun

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com Arus pendatang baru ke Jakarta pasca-Lebaran selalu terjadi dari tahun ke tahun, meskipun operasi yustisi kependudukan (OYK) yang digelar Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI menunjukkan angka urbanisasi terus menurun.

Menurut Kepala Humas PT Kereta Api Daerah Operasi I Mateta Rizalulhaq, sistem boarding pass kepada setiap penumpang kereta diharapkan mampu membantu program pemerintah untuk menekan angka urbanisasi ke Jakarta. Dengan sistem ini, orang yang tidak memiliki kartu identitas yang jelas tentu tidak bisa menggunakan kereta api ke Jakarta.

"Boarding pass juga salah satu bentuk partisipasi perusahaan kereta untuk menekan laju urbanisasi ke Jakarta, walaupun bukan itu tujuan utamanya. Tujuan utama kami untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan angkutan Lebaran pada tahun ini," ujar Mateta di Stasiun Senen pada Rabu (22/8/2012).

Menurutnya, masalah yang timbul adalah, pendatang yang hendak ke Jakarta pada saat arus balik tidak semuanya menggunakan kereta. Mereka banyak yang naik bus maupun kapal laut ke Jakarta.

"Kalau naik kereta harus punya kartu identitas, masalahnya ke Jakarta tidak cuma dengan kereta," jelas Mateta.

Sementara itu, arus balik penumpang dengan menggunakan kereta api pada Lebaran tahun 2012 mulai berlangsung dalam dua hari ini. Puncak arus balik penumpang diperkirakan terjadi pada Sabtu (25/8/2012). PT KAI mencatat jumlah penumpang yang tiba di Stasiun Pasar Senen pada Selasa (21/8/2012) mencapai 10.750 orang.

Mulai pukul 00.21 hingga pukul 09.22 hari ini, delapan rangkaian KA telah tiba di Stasiun Senen dengan jumlah penumpang 4.977 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com