Kamis, 17 April 2014

News / Nasional

Alasan Foke Sowan ke Megawati

Minggu, 19 Agustus 2012 | 12:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo hadir dalam acara open house hari raya Idul Fitri 1433 H di kediaman mantan Presiden Republik Indonesia, Megawati Soekarno Putri, di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta, Minggu (19/8/2012).

Pria yang akrab dipanggil Foke hanya mampir sebentar dalam kunjungannya. Tak sampai lima menit setelah menghampiri tuan rumah, pria yang mengenakan batik lengan panjang warna coklat dan peci itu langsung keluar dari rumah Megawati. Apa alasannya berkunjung ke rumah Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) itu?

"Saya kan tetangga paling deket. Rumah saya di seberang situ," kata Foke sambil menunjuk arah kanan rumah Megawati.

Megawati dan keluarga bermukim di kediaman di Jalan Teuku Umar No 27 di kawasan Menteng, sementara Foke tinggal di rumah dinas di rumah bernomor 24 di jalan yang sama. Namun, ternyata itu bukan satu-satunya alasan Foke. Sebelum masuk ke dalam mobil, Foke menambahkan alasan lainnya berkunjung ke rumah Megawati.

"Satu lagi, saya kan gubernur yang didukung Ibu Mega (di Pilkada DKI Jakarta) tahun 2007," tambahnya.

Kedatangan Foke menarik perhatian mengingat pertarungan dalam Pilkada DKI Jakarta. Foke dan pasangannya, Nachrowi Ramli, harus bertarung dalam putaran kedua pemilihan dengan pasangan yang diusung PDI-P dan Partai Gerindra, yakni Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama alias Jokowi-Ahok.


Penulis: Sandro Gatra
Editor : Caroline Damanik